Dicurigai Ada PNS Palsu di Riau, BKD Harus Data Ulang

Dibaca: 17135 kali  Kamis,21 November 2013
Dicurigai Ada PNS Palsu di Riau, BKD Harus Data Ulang
Ket Foto : PNS PALSU (ilustrasi)

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com)-Hati-hati di instansi pemerintahan ternyata banyak PNS Palsu, masyarakat riau  meminta agar di lingkungan Pemprov Riau segera dilakukan pendaataan ulang terhadap seluruh PNS di Riau. Pasalnya keberadaan PNS palsu ini diduga sengaja dilindungi ,dikarenakan  bersal dari kalangan keluarga pejabat dan titipan orang penting. " wah bahaya itu pak kalau memang ada PNS palsu di negara ini, coba juga telusuri di Lingkingan pemprov Riau mana tau selama ini ada juga PNS Aspal seperti di daerah lain itu." kata jasman warga kampar.

Kecuriagaan terhadap PNS palsu juga terjadi di daerah lain. misalnya baru-baru ini muncul kecurigaan ada PNS palsu di lingkup Pemkab Empat Lawang, Sumsel.
"Kami mengetahui sejumlah PNS di Empat Lawang tahun 2008 dan 2009 diduga  ada yang aspal,"ujar salah seorang warga yang minta namanya dirahasiakan.

Agar tidak menjadi isu panas, dia meminta BKD melakukan pendataan seluruh PNS.  "PNS aspal bisa merugikan Negara. Dengan cara memakan gaji namun secara status tak terdaftar sebagai PNS di pemerintah pusat," katanya.

Kepala BKD Empat Lawang, H Januarsyah mengaku  belum mengetahui persis mengenai dugaan tersebut.

"Namun kita akan mendata ulang PNS yang ada di Empat Lawang, dengan cara mencocokkanya antara data di BKD dengan sistem administrasi pelayanan kepegawaian (SAPK) di kemenpan pusat," ujarnya.

Dikatakan, bukan hanya PNS 2008 dan 2009 saja yang akan didata ulang. "Setelah didata ulang, bisa kelihatan mana yang betul-betul PNS dan mana yang PNS aspal tadi. Apabila nantinya terbukti ada PNS aspal, maka dengan tegas harus diberhentikan dengan cara tidak hormat. Kemudian akan diproses secara hukum sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya. (ram/jpnn)

Editor : Ramli
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »