Pihak Polresta Pekanbaru Nilai Pengamanan Bank BRI Teras Pemuda Jalan Fajar, Lemah

Dibaca: 23322 kali  Jumat,18 November 2016
Pihak Polresta Pekanbaru Nilai Pengamanan Bank BRI Teras Pemuda Jalan Fajar, Lemah
Ket Foto : Bank Rakyat Indonesia (BRI) Teras Pemuda, Jalan Fajar, Kecamatan Payung Sekaki.

RADARPEKANBARU.COM- Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyoroti lemahnya pengamanan internal BRI Teras Pemuda, Jalan Fajar, Kecamatan Payung Sekaki menyusul peristiwa perampokan bersenjata api, Kamis lalu (17/11).

"(Perampokan) ini sudah yang kedua kali. Sebelumnya awal 2016 di lokasi yang sama. Saya evaluasi pengamanan BRI tersebut kurang. Bayangkan sekelas bank tidak ada satpamnya," kata Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Aryanto di Pekanbaru, Jumat.

BRI Teras Pemuda Jalan Fajar, Kota Pekanbaru pada Kamis siang pukul 14.00 WIB  dirampok komplotan bersenjata api.

Bimo mengatakan hasil rekaman kamera pengawas (CCTv) yang telah diamankan polisi, pelaku berjumlah empat orang. Dua diantaranya memegang senjata api laras pendek. Dalam aksinya tersebut, para pelaku merampok uang sebesar Rp97 juta rupiah.

Menurut Bimo, perampokan yang kedua kalinya di lokasi yang sama selama 2016 ini tidak terlepas dari lemahnya pengamanan Bank.

Selain tidak ada penjagaan internal, BRI Teras Pemuda juga tidak dilengkapi Brankas penyimpan uang. Kondisi seperti itu akan membuat pelaku kejahatan dengan mudah menggambar dan mengawasi sebelum melancarkan aksinya.

Ketika sudah dipetakan, perampok dengan mudah menodongkan senjata api ke dua karyawan wanita yang saat itu bertugas dan mengambil uang di kasir dengan begitu mudah.

"Sangat mudah sekali pelaku menggambar dan mengamati, kapan lengahnya, kapan waktu sepinya. Dan cuma butuh dua menit untuk eksekusi," ujarnya.

Padahal, kata Bimo, Polresta Pekanbaru dan jajaran siap memberikan pengamanan kapan saja saat dibutuhkan. Ia mengatakan Bank bisa langsung menghubungi Polresta atau Polsek terdekat. Untuk itu, ia mengimbau kepada Bank lainnya agar terus berkoordinasi dengan polisi serta melengkapi pengamanan internal.

Lebih jauh, terkait peristiwa perampokan bersenjata api tersebut, Bimo mengatakan telah memeriksa sejumlah saksi, mendalami CCTv serta melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Kami sudah peroleh sejumlah petunjuk. Doakan dalam waktu dekat segera terungkap," ujarnya.

Masyarakat Kota Pekanbaru dikejutkan dengan peristiwa perampokan BRI Teras Pemuda, Jalan Fajar yang terjadi pada siang hari saat situasi sedang ramai.

Sebelumnya pada Mei 2016 silam, juga terjadi perampokan di lokasi yang sama. Namun, saat itu pelaku yang berjumlah dua orang merampok pegawai Bank saat akan menyetor uang dari BRI Teras ke BRI Cabang Utama Pekanbaru. Dalam peristiwa itu, polisi menembak mati kedua pelaku setelah terjadi baku tembak di sekitar Jalan Fajar dan Soekarno Hatta.(*)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »