Salah Satu Dari 4 Komplotan Pembobol Ritel Di Pekanbaru Ternyata Mantan Wartawan

Ahad, 13 Maret 2016

RADARPEKANBARU.COM-Salah satu tersangka komplotan spesialis pembobol toko ritel di Pekanbaru yang ditangkap oleh tim gabungan Brimobda Riau dan Sat Reskrim Polresta Pekanbaru di Minas, Kabupaten Siak ternyata juga merupakan mantan wartawan. Dia adalah Rudi Arief (50), warga Samanhudi, Kelurahan Bakti Karya Binjai Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

"Dari mereka berempat, salah satunya juga pernah jadi wartawan. Mereka satu komplotan dan sudah membobol 7 toko Alfamart yang ada di Pekanbaru. Keempat tersangka adalah, Erdian (50), Moro (33), Bonadi (49) dan Rudi Arief (50). Rudi inilah yang mengaku pernah jadi wartawan" sebut Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Aries Hidayat ketika berbincang dengan wartawan, Ahad (13/03/16).

Aries menuturkan, selain meringkus para tersangka, pihaknya juga turut mengamankan beragam barang bukti peralatan yang digunakan tersangka ketika menjalankan aksinya. Terdiri dari, satu gunting gembok besar, dua unit kunci roda, satu gulungan karung plastik, sebuah pisau cutter, sebuah tang, sebuah linggis, sebuah besi pipa, satu kunci T, satu lakban, tiga pasang sarung tangan, dua buah masker, 13 unit handphone, tiga buah dompet serta satu unit mobil Terios hitam yang mereka kendarai.

Sementara itu, ketika ditemui, tersangka Rudi mengakui bahwa dulunya dirinya memang pernah berprofesi sebagai wartawan. Warga asal Binjai ini mengatakan, dalam komplotannya ia juga berperan sebagai supir.

"Dulu saya memang wartawan. Sudah 11 tahun jadi wartawan, di media Semarak Bengkulu. Setelah berhenti, saya lalu kerja ginian (bobol toko Alfamart) dan ikut komplotan mereka. Tugas saya sebagai supir. Saya dapat upah Rp1 juta" kisahnya. (rls/rit)