100 Hektare Lahan di Desa Rantau Baru Ludes Terbakar

Selasa, 08 September 2015

Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio bersama Tim Fire Fighter PT RAPP dipimpin Fire ad Aviation Manager, Yuneldi, turun ke lokasi kebakaran lahan dan hutan di Desa Rantau Baru, Minggu (6/9).

Pelalawan, (Radarpekanbaru.com) -Kebakaran lahan kembali terjadi lagi di Km 10 Koridor RAPP, Desa Rantau Baru, Pangkalan Kerinci Barat, Minggu (6/9).

Api yang sudah berkobar dari mulai Jumat itu (4/9) sudah menghanguskan sekitar 100 hektar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan dibantu tim Fire Fighter PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) terus berusaha memadamkan api sepanjang Minggu kemarin (6/9).

"Kita dibantu oleh tim Fire Fighter RAPP sebanyak 15 personil. Alhamdulillah, kini api sudah berhasil dipadamkan," kata Kepala BPBD Pelalawan, Drs Hadi Penandio, Minggu (6/9).

Hadi Penandio yang turut terjun langsung ke lokasi kebakaran menjelaskan kebakaran sudah terjadi sejak Jum'at lalu (4/9) dan api akhirnya berhasil dipadamkan setelah tim pemadam didatangkan baik dari BPBD, RAPP dan Polres.

Ia mengakui dalam upaya pemadaman pihaknya menghadapi kendala berupa minimnya sumber air serta terlalu luasnya lahan yang terbakar. Selain itu, angin yang kuat dan kerap berubah-ubah dalam dua hari ini agak sedikit menyulitkan tim pemadam,l.

"Kondisi angin dalam 2 hari ini kuat dan arahnya berubah-ubah sehingga cukup menyulitkan tim pemadam, karena api kembali berkobar akibat hembusan angin setelah dipadamkan, jadi terpaksa kita harus memadamkan kembali. Apalagi sumber air juga minim di sekitar lokasi kebakaran itu," tutupnya. (Lipo)