Waduh, Politikus PDIP Ditangkap KPK Saat Transaksi di Hotel

Jumat, 10 April 2015


RADARPEKANBARU.COm - Adriansyah, anggota DPR asal PDI-P yang juga mantan Bupati Tanah Laut ditangkap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi di sebuah Hotel di kawasan Sanur, Bali, Kamis malam kemarin, 9 April 2015.

Dia diamankan bersama satu orang yang bernama Agung Kusniadi di hotel tersebut. Mereka ditangkap ketika sedang melakukan transaksi.

Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi, dalam keterangan pers, Jumat 10 April 2015, menyebut petugas juga menemukan sejumlah uang ketika mengamankan keduanya.

"Keduanya saat itu diduga melakukan transaksi. Di tempat kejadian perkara ditemukan uang dalam bentuk dollar Singapura dan dalam bentuk rupiah," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta.

Johan mengaku belum tahu jumlah uang yang telah diamankan oleh petugas. Menurut dia, hingga saat ini uang tersebut masih dalam proses penghitungan.

Tidak hanya melakukan penangkapan di Bali, petugas KPK juga turut mengamankan seorang pengusaha bernama Andrew di sebuah hotel di kawasan Senayan, Jakarta. Johan menyebut penangkapan tersebut masih satu rangkaan dengan penangkapan di Bali.

Ketiga orang tersebut diamankan lantaran diduga terkait dengan tindak pidana suap dalam pemberian Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di sebuah lokasi di Kalimantan.

"Belum bisa disebutkan secara detail, berkaitan dengan pengurusan izin, SIUP," ujar Johan.

Ketiganya kini masih sudah berada di Gedung KPK dan sedang menjalani pemeriksaan intensif. KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk mendalami apakah telah terjadi tindak pidana atau tidak. Status ketiganya hingga saat ini masih terperiksa. (Viva)