Tertipu Calo, Oknum PNS Dishub dilaporkan ke Polisi

Selasa, 09 Desember 2014


RADARPEKANBARU.COM - Haris Hariadi (34), honorer di Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru, mendatangi Mapolresta Pekanbaru Senin (9/12). Ia melaporkan kasus penipuan hingga mencapai milliaran yang diduga dilakukan seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dishub, Indra Satria Lubis (45) dalam penerimaan pegawai Honorer.

Informasi yang dirangkum radarpekanbaru.com, kasus penipuan ini terjadi berawal saat terlapor menyuruhnya (Pelapor) untuk mencarikan calon tenaga kerja (Honorer) di Dishub. Haris, yang telah bekerja dengan Indra, sebagai pegawainya lalu mencari calon tenaga honorer hingga 20 (Dua Puluh Orang).

"Kalau tidak salah November 2014 saya disuruh oleh terlapor untuk mencari pegawai honorer di Dishub. Namun, jika ingin diangkat pegawai honorer, dua puluh orang tersebut harus menyetorkan uangnya kepada Indra," ujar pelapor, dalam laporannya, Senin (8/12).

Para calon pegawai honorer menyetorkan uangnya bervariasi, "Kalau tidak ada uang tidak diterima. Uang yang diberikan bervariasi tapi rata Rp50 jutaan" terangnya dalam laporan nomor LP/K/1486/XII/SPKT II Polresta Pekanbaru.

Kalau tidak ada uang, pegawai honorer tersebut tidak dikeluarkan surat ketetapannya (SK), "Jadi ibaratnya calo. mereka pun yang telah menyetorkan uanngya hingga kini belum digaji. Dan bukti uangnya diberikan melalui rekening saya, " ujarya.

Sementara Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Pekanbaru Kombes Pol Robert Haryanto Watratan SH SSos MH melalui Kasat Reskrim Kompol Hariwiyawan Harun SIK MIK saat dikonfirmasi Selasa (9/12) membenarkan tentang laporan tersebut, "Pelapor ditipu hingga jutaan, dengan total keseluruhannya milliaran. Kasus kini dalam pengusutan," ujar Hari.(Zi)