Menjadi Berani

Dibaca: 6065 kali  Selasa,09 Oktober 2018
Menjadi Berani
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Siapa menyangka, Abdullah bin Mas'ud muncul sebagai orang paling berani di antara semua sahabat. Padahal, ia direndahkan para sahabat lainnya. Betis nya yang kecil serta tubuh yang kerdil membuatnya terlihat lucu dan terkesan bak orang yang lemah tak berdaya.

 

Kehadirannya tak pernah dianggap serius di antara sahabat-sahabat nabi lainnya yang gagah perkasa. Para sahabat yang gagah perkasa itu suatu kali berkompetisi. Adakah di antara mereka yang punya keberanian membaca Al quran di depan Ka'bah? Saat itu lokasi Ka'bah masih dikerubungi kaum kafir Quraisy.

 

Mereka siap menggelandang siapa pun yang terindikasi ikut ajaran Nabi Mu hammad SAW. Apalagi, sampai melakukan tindakan nekat seperti membacakan Alquran di tengah- tengah khalayak itu.

 

Ternyata Ibnu Mas'ud pun menyanggupinya. Awalnya para sahabat yang berbincang itu tak menggubris ucapan Ibnu Mas'ud. Mereka hanya tertawa sembari melihat betis Ibnu Mas'ud yang kecil dan tubuhnya yang kerdil.

 

Namun, Ibnu Mas'ud membuktikannya. Seorang Ibnu Mas'ud dengan tubuh kerdilnya berdiri di tengah khalayak dan membacakan Alquran surah Thaha.

 

Sudah dapat di duga, tubuh ringkih Ibnu Mas'ud menjadi bulan-bulanan kaum Kafir Quraisy. Hampir saja ia tewas kalau tak diselamatkan para sahabat Nabi lainnya. Apakah Ibnu Mas'ud menyesal?

 

"Jika aku diberikan umur panj ang hingga esok hari, esok akan ku-ulangi lagi perbuatanku ini, ucap Ibnu Mas'ud. Sahabat-sahabat yang perkasa lainnya pun tertunduk. Mereka mencegah Ibnu Mas'ud untuk melakukan lagi tindakan nekatnya itu.

 

Sudah cukup sang sahabat kerdil membuktikan keberaniannya mengalahkan sahabat-sahabat perkasa lainnya. Apakah yang membuat seorang Ibnu Mas'ud menjadi sedemi kian berani?

 

Karena keimanan sudah mengalir dalam darah dan sanubarinya. Inilah yang di firmankan Allah SWT dalam Alquran, Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (QS Ali Imran [3]: 139).(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »