3 Bukti Kuat Alquran Bukan Hasil Buatan Manusia

Dibaca: 3547 kali  Selasa,24 Maret 2020
3 Bukti Kuat Alquran Bukan Hasil Buatan Manusia
Ket Foto : ilustrasi internet

RADARPEKANBARU.COM - Di antara mukjizat Nabi Muhammad SAW, Alquran merupakan mukjizat yang terbesar. Alquran merupakan kalam Allah yang bersifat abadi. Allah berfirman, ''Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya.'' (QS 15:9).

Alquran mengandung nilai-nilai dan ajaran yang benar dan sangat aplikatif serta konstekstual yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia. Ia tidak berisikan tumpukan teori yang memadati pikiran belaka. Ia juga tidak mengajarkan hal-hal yang tidak mungkin, hal-hal aneh yang mustahil untuk dicapai. Alquran telah menerima manusia sebagaimana adanya dan kemudian mendorongnya untuk mencapai sesuatu yang bisa dicapai.

Itulah bukti bahwa Alquran merupakan wahyu yang benar. Bukti kebenaran Alquran lainnya adalah hingga saat ini tidak ada yang bisa membuat kitab yang menyamai Alquran. Dalam Alquran, Allah memberikan tiga tantangan kepada manusia untuk membuat yang seperti Alquran.

Pertama, Allah menantang manusia untuk membuat satu kitab yang seperti Alquran. Allah berfirman, ''Katakanlah, 'Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Alquran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain'.'' (QS 17:88).

Kedua, Allah menantang manusia untuk membuat 10 surat yang seperti Alquran. Firman-Nya, ''Bahkan mereka mengatakan, 'Muhammad telah membuat-buat Alquran itu'. Katakanlah, 'Maka datangkanlah 10 surat seumpamanya dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar'. Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu itu maka ketahuilah, sesungguhnya Alquran itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri?'' (QS 11:13-14).

Ketiga, Allah menantang untuk membuat satu surat yang seperti surat dalam Alquran. Allah berfirman, ''Atau mereka mengatakan, 'Muhammad membuat-buatnya'. Katakanlah, 'Maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil selain Allah, jika kamu orang yang benar'.'' (QS 10: 38).

Dalam ayat lainnya dijelaskan pula, ''Dan jika kamu dalam keraguan tentang Alquran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami, buatlah satu surat yang semisal Alquran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat, dan pasti kamu tidak akan dapat membuat, peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.'' (QS 2: 23-24).(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »