Festival Mahligai 2018 di Danau PLTA Koto Panjang Digelar Hari ini

Sabtu, 24 Februari 2018

RADARPEKANBARU.COM.Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Danau Koto Panjang menggelar Festival Mahligai 2018 di Tepian Mahligai, Danau PLTA Koto Panjang, Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Sabtu (24/2/2018).

 

Ketua Panitia Pelaksana Festival Mahligai 2018 Yuwarlis Engku Bilal kepada wartawan, Jum'at (23/2/2018) menyebutkan, undangan telah tersebar di seluruh kecamatan hingga ke Pemerintah Provinsi Riau untuk menghadiri dan meramaikan acara yang berlokasi 600 meter dari jalan lintas Riau-Sumbar tersebut.

 

Menurut rencana, festival yang pertama kali digelar di tempat ini akan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah kampar, UPK Kecamatan XIII Koto Kampar dan Pemerintah Desa Pulau Gadang.

 

Panitia juga mengundang pihak sekolah- sekolah yang ada di Desa Pulau Gadang dan Desa Koto Mesjid diantaranya SDN 006, 007 Pulau Gadang dan SDN 008, 009 Desa Koto Masjid, MTS Syeikh Ja'afar, SMPN 04 XIII Koto Kampar dan SMA 2 XIII Koto Kampar Yuwarlis menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut meramaikan acara Festival Mahligai 2018 di kawasan Tepian Danau PLTA Koto Panjang.

 

Sementara itu Ketua BPD Desa Pulau Gadang Syofian, MH Dt. Majosati yang juga Ketua Forum BPD Kampar mengatakan, acara festival ini merupakan pertama kali diadakan oleh pengurus Pokdarwis Kampung Danau Koto Panjang dengan harapan pengunjung ke objek wisata di Kabupaten Kampar terus meningkat setiap tahunnya.

 

"Ketika pengunjung terus meningkat jelas mendatangkan pendapatan bagi masyarakat PAD bagi pemerintah," ungkap Syofian. Dikatakan, disela-sela acara festival, sekaligus pengukuhan Kelompok Sadar Wisata Kampung Danau Koto Panjang yang baru saja mendapatkan SK dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar. "Diperkirakan 500-an pengunjung akan memadati Tepian Mahligai besok pagi," imbuh mantan Kepala Desa Pulau Gadang ini.(rtc)