Titik Api Mulai Muncul, Potensi Hujan di Riau Masih Minim

Selasa, 30 Januari 2018

RADARPEKANBARU.COM.Sepanjang Januari 2018, cueah hujan relatif minim. Kondisi tersebut berdampak mulai munculnya sejumlah titik panas di Sumatera. Menurut Forecaster BMKG Stamet Pekanbaru, Slamet Riyadi Rabu (30/1/18), secara umum sebenarnya atmosfer pada Januari cukup mendukung untuk hujan.

 

Namun karena angin permukaan berkecepatan hingga 3000 feet cukup kencang maka pembentukan awan hujan agak sulit. Hal itu berdampak sudah 2 hari bekakangan ini, mulai muncul sejumlah titik panas di Sumatera termasuk Riau. Bahkan, di Riau ada 1 titik diduga kuat merupakan titik api.

 

Menurut laporan cuaca oleh forecaster BMKG Stamet Pekanbaru, Selasa (30/1/17), jumlah titik panas di Sumatera hari ini sebanyak 45 titik panas. 2 diantaranya di Riau.

 

"Sejumlah titik panas bermunculan di Sumatera. Yaitu di Bengkulu (9 titik), Jambi (11 titik), Lampung (2 titik), Sumbar (16 titik), Sumsel (5 titik) dan Riau (2 titik)," terang forecaster BMKG Stamet Pekanbaru Slamet Riyadi. 2 titik panas di Riau tersebut berada di Inhu. Salah satunya memiliki level confidence hingga lebih dari 70 persen diduga sebagai titik api.(rtn)