Pondok Pesantren Al Munawarah Pekanbaru Terbakar, Satu Santri Tewas Terpanggang

Selasa, 31 Desember 2013

Mayat santri putra Pesantren Al Munawarah Jalan Pesantren Tenayanraya Pekanbaru, Noval Syahputra asal Kamparkiri ditandu keluar dari reruntuhan kebakaran oleh petugas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Senin petang tadi (30/12/2013) pukul 15.00 WIB.

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com)- Enam asrama santri Ponpes Al Munawarah Jalan Pesantren Kecamatan Tenayanraya Pekanbaru Senin petang tadi (30/12) pukul 15.00 WIB ludes dilalap api. Musibah kebakaran yang menimpa Pondok Pesantren Al Munawarah Pekanbaru ini memluluhlantakkan enam ruang asrama santri rata dengan tanah, mengakibat satu santri putera tewas terpanggang saat tidur siang.

Puluhan santri Pondok Pesantren Al Munawarah ini kehilangan tempat tinggal. Enam bangunan yang menjadi asrama ludes ludes diamuk kobaran api sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Musibah tersebut terjadi saat para santri sedang mengikuti kegiatan belajar. Mendadak saja terlihat kepulan asap hitam dari bangunan asrama. Tidak lama kemudian api langsung membesar. "Saya tak punya baju lagi. Semuanya ikut terbakar bersama asrama kami," keluh salah seorang santri.

Beberapa mobil pemadan kebakaran yang tiba langsung melakukan upaya pemadaman sekaligus meblokir kobaran api. Pondok Pesantren Al-Munawarah yang ludes ini adalah asrama putra,  Diduga, api berasal dari asrama 6 dan 7. "Saya tahunya kebakaran dari santri.  Saat kejadian, saya sedang ngajar. Saya diberitahu santri. Jumlah santri, lebih 300 orang. Semuanya selamat. Informasinya, ada 2 orang santri yang ada di dalam. Namun satu di antaranya, sempat keluar. Satunya lagi gak tahu. Noval kelas 2 MTS, asal Kampar kiri. Rezi Kaldo, asal Tandun, Rohul selamat. Waktu kejadian, informasinya mereka sedang tidur. Saat kejadian, saya di asrama 6," kata Rahmadi guru pesantren.

Sementara Audria Eko Fajri (16), kelas 11 MA,  mengatakan mereka tak tahu asal api dari mana. "Kami tahunya api sudah besar," kata Audria Eko. Noval Syahputra, ditemukan di Asrama 6. Sumber api dari asrama 7. Sementara saksi Adi, menjelaskan ada 7 armada pemadan ditambah 1 Komando 1 Rescue. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru Andri Sukaremen mengatakan jumlah personel yang dikerahkan 32 orang.

Ini kebakaran yang ke 180 di Pekanbaru selama 2013. Ada empat orang korban jiwa, satu di Rumbai, dua di Jondul dan satu orang di Jalan Pesantren. Tahun 2012 lalu, jumlah kebakaran 150. Dugaan sementara di pesantren Al Munawarah Jalan Pesantren ini kebakaran diakibatkan arus pendek. Kerugian belum diketahui.(lam/rp)

Editor : Ahmad Adryan