Masjid Agung Madani Islamic Centre Rohul, Maha Karya Terbaik Indonesia Tahun 2015 Versi Kemenag

Ahad, 27 Desember 2015

Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, jadi Masjid terbaik di Indonesia untuk Tahun 2015.

RADARPEKANBARU.COM-Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, jadi Masjid terbaik di Indonesia untuk Tahun 2015.

Dasar hasil penilaian masjid terbaik yang dilakukan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) sekira satu bulan, setelah di datangi Masjid yang terletak di Ibu kota Kabupaten Rohul Pasirpengaraian sebulan yang lalu.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohul Drs. Ahmad Supardi Hasibuan S. Ag, menjelaskan Masjid Agung Madani di Kawasan Islamic Center menjadi masjid terbaik di Indonesia tahun ini diketahuinya dari pemberitahuan Kemenag RI yang dikirim melalui email.

"Berdasarkan keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor 01/DPM.MA/XI/2015, tentang penetapan Masjid Agung Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2015, diketuai Prof Dr. H. Ahmad Satori, Masjid Agung Madani Rohul menjadi meraih terbaik dari kategori Masjid Agung Percontohan Paripurna di Indonesia dengan nilai 90,28," kata Kakemenag Rohul Selasa (22/12/2015)

Lanjutnya, di posisi kedua ditempati Masjid Baiturrahman Provinsi Jawa Timur dengan nilai 88,77, dan posisi ketiga ditempati Masjid Dr. Wahidin 8 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian, dari kategori Masjid Agung Percontohan Idarah atau Administrasi, juara pertama ditempati Masjid Sindenreng Rappang Sulawesi Selatan, disusul Masjid Nurul Falah Sulawesi Barat, dan Masjid Baitul Hikmah Kalimantan Timur.

Kategori Masjid Agung Percontohan Imarah atau Kemakmuran, Masjid Baitussalam DKI Jakarta menempati posisi pertama, disusul Masjid Al-Mukarram Amanah Kalimantan Tengah, dan Masjid Nurul Huda di Provinsi Bali.

Kategori Masjid Agung Percontohan Riayah atau Pemeliharaan dan Kebersihan, Masjid Agung Sibolga di Provinsi Sumatera Utara menjadi yang terbaik, disusul Masjid Agung Brebes Jawa Tengah,  dan Masjid An-Nur Sulawesi Tengah.

"Ini bukti keseriusan dari Bupati Rokan Hulu (Achmad), dalam memakmurkan masjid di Negeri Seribu Suluk," ungkapnya

Diuraikannya, prestasi diraih oleh Masjid Agung Madani Rohul sebagai Masjid Agung Percontohan Paripurna sudah meliputi penilaian kategori Idarah, Imarah, dan Riayah.

"Kalau Idarah dari sisi Administrasi Masjid, Imarah soal Kemakmuran, dan Riayah Pemeliharaan dan Kebersihan. Jadi tiga penilaian ini sudah dipegang oleh Masjid Agung Madani Rokan Hulu," jelasnya.

Ahmad Supardi menambahkan, karena sebagai Masjid Agung terbaik, Masjid Agung Madani menerima hadiah berupa vacuum cleaner seharga Rp 20 juta dari Kemenag RI.

"Bukan hadiahnya yang menjadi patokan, tapi marwah Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu sudah diakui tingkat nasional," pungkasnya. (Erik)

Sumber: spiritriau.com