Besok Tiga Daerah di Riau Akan Pemungutan Suara Ulang, Segini Habiskan Anggaran

Jumat, 28 Juni 2024

RADARPEKANBARU.COM - Tiga daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada esok lusa, Sabtu (29/6). Ialah di Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

Pelaksanaan ini tindaklanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang diterbitkan beberapa waktu lalu, sebenarnya ada 4 daerah yang akan menyelenggarakan PSU ini akan tetapi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berbeda waktu pelaksanaan yang ditetapkan oleh KPU RI.

Adapun jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan pemungutan ulang pada esok lusa ialah sebanyak 4 TPS, diantaranya TPS 004 di Desa Perkebunan Sungai Lala Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) atas pemilihan legislatif DPRD Inhu pada Daerah Pemilihan (Dapil) 5.

Lalu, TPS 002 Desa Tanjung Peranap Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Meranti untuk Dapil 4. Selanjutnya, di TPS 17 Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan dan TPS 07 Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Rusidi Rusdan menyebut bahwa pihaknya sebagai penyelenggara yang juga termasuk KPU kabupaten/kota sudah siap untuk melaksanakan pemungutan, segala hal keperluan sudah tersedia.

PSU di tiga daerah ini masing-masing menghabiskan anggaran sebesar Rp251.087.700 untuk PSU di Inhu, RP48.026.650 untuk PSU di Kota Dumai, sedangkan untuk Kepulauan Meranti menelan anggaran RP217.373.350, jadi dengan total RP516.487.700.

Sedangkan untuk PSU di Kabupaten Rokan Hulu yang akan diselenggarakan pada Juli mendatang menelan anggaran senilai RP1.727.689.000. Jadi untuk total keseluruhan penggunaan anggaran untuk menyelenggarakan PSU di empat daerah di Riau senilai Rp2.244.176.700.

"Belum termasuk anggaran pengamanan," kata Rusidi saat memaparkan kesiapan penyelenggaraan PSU pada saat agenda sosialisasi di Kantor KPU Riau, Rabu (26/6).

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil pencermatan pada PSU di Kota Dumai dengan rincian TPS 07 sebanyak 255 pemilih, TPS 17 sebanyak 263 pemilih. Kemudian pada TPS 02 Desa Tanjung Peranap Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kepulauan Meranti sebanyak 257 pemilih sedangkan di TPS 04 Desa Perkebunan Sei Lala Kecamatan Sei Lala Kabupaten Inhu sebanyak 295 pemilih.

Terkait dengan kebutuhan logistik, dirincikan Rusidi bahwa diperlukan 66 kotak suara, sebanyak 7.628 lembar surat suara anggota DPRD Provinsi, sebanyak 9.175 surat suara anggota DPRD Kabupaten/kota, 140 lembar bilik pemungutan suara dan lainnya. Kebutuhan ini sudah terpenuhi dan siap untuk diantar ke lokasi pemungutan.

"Hari ini sudah stanby, tinggal menunggu hari pemungutan suara," jelas mantan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Pemilu (Bawaslu) Riau itu.

Sedangkan untuk badan adhoc sudah siap, baik itu pembentukan hingga pelantikan sampai dengan bimbingan teknisnya. Hari ini, Kamis (27/6), petugas KPPS akan mendistribusikan undangan pemilihan kepada pemilih atau menyamapaikan formulir C pemberitahuan hingga berakhir pada hari pemungutan.

Sementara itu, Karoops Polda Riau Kombes Pol Ronny Lumban Gaol menambahkan bahwa pihaknya juga telah siap dalam memberikan pengawalan dan pengamanan demi kelancaran pelaksanaan pemungutan ini, tentu dibantu dengan stakeholder lainnya.

"Polda Riau bersama dengan rekan TNI, ini akan memberikan satu suguhan tentang pengamanan pesta demokrasi ini, tentu pengamanan ini tidak lebih rendah dari pengamanan awal. Mulai dari pengawalan logistik sampai dengan rekapitulasi nanti akan kita kawal," singkatnya.(rmc)