Masyarakat Minta Polsek Benai Serius Berantas PETI Di Aliran Sungai Kuantan

Ahad, 10 Oktober 2021

Kuansing--Aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di kecamatan benai masih terus beroperasi hingga hari ini Sabtu 9 Oktober 2021.

Berdasarkan laporan dari masyarakat setempat "Ada 10 unit Rakit dompeng yang hari ini beroperasi di desa pulau tongah , tepatnya di seberang desa pulau kalimanting " ujar pria berinisial 'B' ini kepada awak media Melalui Pesan Mesengger.

Masih 'B' harapan kami polsek harus rutin turun ka lokasi, jangan sampai ada lagi dompeng disungai kuantan, ambo (saya) kecewa dek ula dompeng ru ayiar korua tambah minyak solar, Ucap 'B' Tanpa di edit.

Mari sama-sama  kita jaga lingkungan khususnya sungai kuantan ini, stop peti disungai kuantan biar di masa yg akan datang sungai kuantan bebas dri Aktivitas Ilegal ini, Lestarikan sungai kuantan biar kuantan air nya jernih dan tidak tercemar, Tambahnya,  Memberikan himbauan.

Pada Rabu, (8/9/ 2021) lalu, Polres dan Polsek Benai melakukan penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Operasi penertiban itu di pimpin Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH bersama Ipda Iwan Siagian SH dan delapan personel di aliran sungai batang kuantan antara Desa Pulau Tongah dan Desa Pulau Kalimanting, Kecamatan Benai. (Di kutip dari media online Riaupos.co )

Kemudian pada tanggal 29 September 2021 kembali Kepolisian Sektor (Polsek) Benai, Kabupaten Kuansing, Riau melakukan pemusnahan satu rakit Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di aliran Sungai Kuantan di Desa Pulau Tongah, Kecamatan Benai,( Dikutip dari Riauonline )

Meski sudah berulang kali dilakukan penertiban terhadap aktivitas PETI di wilayah hukum Polsek Benai jajaran Polres Kuansing, namun para pelaku tampak tidak kunjung memiliki efek jerah.

Menanggapi Hal tersebut Aktivis lingkungan asal kecamatan Benai Ahmad Fathony,SH mengatakan " Sebagai Pemuda Tempatan tentunya kita sangat mengecam aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI ) ini, Kita tidak akan pernah bosan-bosannya untuk melaporkan jika aktivitas ini terpantau beroperasi, Kita Juga sudah melaporkan langsung kepada Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, S.I.K.,M.S.i terkait Aktivitas Ilegal ini, Alhamdulillah Beliau sangat merespon baik laporan kita" Ujarnya Melalui Pesan WhatsApp.

"Dalam waktu dekat kita juga akan kirim kan Surat ke Kapolda Riau terkait marak nya Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Di Kuansing Khususnya Kecamatan Benai, tentunya dengan melampirkan bukti Foto & Vidio.Tutup Pria yang kerap disapa Tony ini. (*)