Riau Sudah Punya Runway 2.600 Meter, Plt Gubri Sebut Itu

Dibaca: 2976 kali  Senin,12 November 2018
Riau Sudah Punya Runway 2.600 Meter, Plt Gubri Sebut Itu
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM. - Runway sepanjang 2.600 meter di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diresmikan hari ini, Senin, 12 November 2018. Jadi, runway ini sudah bisa dioperasikan, termasuk lending pesawat berbadan besar sudah bisa dilakukan.

"Ini (runway) "legenda" karena sebelumnya kita tidak pernah punya runway sepanjang ini. Air bus sudah bisa mendarat kan," katanya, kepada media usai menjadi pembina pada upacara Hari Kesehatan Nasional di halaman Kantor Gubernur Riau, Senin, 12 November 2018 di Pekanbaru.

Kata "legenda" yang dimaksud Wan Thamrin adalah sejarah. Sebab ini kali pertama bandara di Riau punya runway dengan panjang 2.600. Yang bikin Wan gembira karena upaya untuk dilaksanakan embarkasi haji antara di Riau semakin terbuka lebar.

Bahkan dengan runway sepanjang 2.600 meter ini, sudah cukup untuk pelaksanaan embarkasi penuh. Namun di Riau, fasilitas sarana dan prasarana lainnya penunjang embarkasi penuh belum memadai, sehingga untuk sementara ini masih akan dimaksimalkan untuk embarkasi haji antara.

"Yang jelas, saat ini Bandara SSK II Pekanbaru sudah punya runway 2.600 meter. Ini juga rangkaian perjuangan yang panjang sebab rencana perpanjangan runway ini sudah disusun sejak beberapa tahun lalu. Air bus sudah bisa mendarat. Apalagi kalau tol jadi, Pekanbaru akan semakin menjadi pusat tujuan untuk berbagai hal.

Sebelumnya, panjang runway di Bandara SSK II Pekanbaru 2.400 meter. Dengan panjang runway itu, belum cukup syarat bagi Riau untuk melaksanakan embarkasi haji sebab perpanjangan runway menjadi salah satu syarat untuk embarkasi. Hari ini, runway sepanjang 2.600 diresmikan di Bandara SSK II Pekanbaru dan dihadiri oleh Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim. (bpc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »