Peringati Hari Pendidikan Nasional, Mahasiswa UIN Suska Riau Demo di Rektorat

Dibaca: 11960 kali  Selasa,02 Mei 2017
Peringati Hari Pendidikan Nasional, Mahasiswa UIN Suska Riau Demo di Rektorat
Ket Foto : Ratusan Aktivis mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau menggelar aksi di kantor Rektorat , Selasa (2/5/2017).

RADARPEKANBARU.COM- Ratusan Aktivis mahasiswa yang mengatas namakan Gerakan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau menggelar aksi di gedung Rektorat Selasa, 02 Mei 2017.

Aksi yang digelar bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional itu menuntut pihak kampus memperbaiki fasilitas dan mutu pendidikan.
Selanjutnya isu Transparansi Program Uang Kuliah Tunggal atau yang dikenal dengan sebutan UKT, menjadi sorotan mahasiswa saat melakukan unjuk rasa.

Salah seorang mahasiswa UIN Suska Riau, Sevani mengatakan bahwa program UKT merupakan produk dari sistem regulasi yang berlaku seharusnya bisa menjadi solusi dari kelemahan ataupun kekurangan sistem pembayaran uang kuliah sebelumnya.

"Dengan adanya sistem UKT mahasiswa dari keluarga berkemampuan finansial yang rendah akan disubsidi oleh mahasiswa yang berasal dari keluarga yang mapan ekonominya," katanya.

Dengan sistem UKT juga, kami memandang bahwa kemungkinan penyelewengan atau dugaan tidak tepat sasarannya penentuan UKT oleh oknum-oknum, inilah yang menjadi isu yang diangkat oleh kalangan mahasiswa pada saat demo di Kampus hari ini.

"Kedepan harus ada transparansi anggaran UKT, jangan sampai ada lagi mahasiswa yang kaya dikenakan UKT pada kelompok miskin, ini akan merampas hak orang orang yang tidak mampu" katanya.

Pantauan Radar dilapangan demonstran membawa spanduk berisi berbagai tuntutan dan sindiran, seperti “program UKT dan tidak transparansinya anggaran, dan sebagainya.

"UKT Mencekik Mahsiswa" demikian tulisan di spanduk mahasiswa.

Sebagaimana diketahui UKT merupakan sistem pembayaran yang menganut sistem update Biaya Pendidikan.

Universitas diharuskan melakukan evaluasi dan update BKT kepada Dikti setiap tahun. Permendikbud no. 55 tahun 2013 dan Permendikbud no. 73 tahun 2014 dan permenristek no.22 tahun 2015 dengan perbaruan satu pasal dan perubahan lampiran menunjukkan memungkinkannya perubahan BKT dan UKT setiap tahun.

Pola seperti ini menimbulkan kecemasan tersendiri di kalangan mahasiswa. Terdapat ketidakpastian kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. (Erik)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »