PLT Gubernur Riau minta Gaet Wisman Ke Asia Tenggara

Dibaca: 41438 kali  Jumat,21 Agustus 2015
PLT Gubernur Riau minta Gaet Wisman Ke Asia Tenggara
Ket Foto : Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman

RADARPEKANBARU.COM- Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meminta instansi terkait memiliki strategi agar bisa menggaet wisatawan macanegara ke Riau, karena di Asia Tenggara setiap tahun terdapat 60 juta orang turis yang berkunjung.

"Hampir 60 juta orang wisatawan melakukan kunjungan ke Asia Tenggara setiap tahun. Namun, mereka lebih banyak mampir di Malaysia, Singapura dan Thailand. Kesempatan ini harus dapat kita ambil," papar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Kamis.

Besarnya angka kujungan wisman itu, lanjut Arsyadjuliandi, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan mendatangkan turis asing ke negara-negara dikawasan Asia Tenggara.

Sebab, katanya, peluang mendatangkan wisatawan masih cukup besar karena jarak Indonesia khususnya provinsi itu dengan negara-negara di negeri jiran tersebut terbilang dekat.

"Kita terus melakukan koordinasi secara intens dengan pemerintah pusat atau legislator pusat. Terutama dengan lembaga dan komisi yang membidanginya, agae pandai melobi," bebernya.

Kepala Dinas  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau, Fahmizal Usman mengatakan, saat ini pihaknya sedang gencar menggaungkan destinasi-destinasi wisata yang terdapat pada 12 kabupaten/kota di Riau.

Berbagai potensi objek wisata atau destinasi wisata tersebut, terangnya mengklaim, akan dijual mulai dari tingkat nasional maupun internasional, sehingga kunjungan baik turis domestik atau turis asing ke provinsi itu dapat meningkat.

"Kita juga terus melakukan koordinasi dengan pusat. Baik program maupun konsep pengembangan wisata, juga sudah beberapa kali sampaikan di pusat," ujarnya.

Ia mengatakan, di Riau memiliki potensi wisata yang bisa dibanggakan ke tingkat internasional seperti wisata Ombak Bono di Kabupaten Pelalawan, Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi dan Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar.

"Ada iven tahunan yakni Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir, Tradisi Balimau Kasai di Kabupaten Kampar, pantai pasir putih di Kabupaten Bengkalis dan lain-lain," katanya.(ANT)
 
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »