Relawan Satgas Siaga Bencana dan Mahasiswa Kukerta Unri Berbagi Hand Washer Di Pasar Pekanbaru

Dibaca: 2765 kali  Selasa,26 Mei 2020
Relawan Satgas Siaga Bencana dan Mahasiswa Kukerta Unri Berbagi Hand Washer Di Pasar Pekanbaru
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM - Status darurat wabah COVID-19 diperpanjang hingga 29 Mei 2020 oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pemerintah menghimbau agar masarakat mengurangi aktifitas di luar rumah serta menjaga kesehatan, termasuk menjaga imun tubuh.

 

Dengan adanya wabah COVID-19 ini, salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan lebih sering guna mengurangi penyebaran Virus Corona yaitu dengan cara “Mencuci tangan”. Mencuci tangan merupakan kegiatan yang tampaknya sepele, tetapi mencuci tangan sangat penting dilakukan karena tangan sering menjadi perantara dari berbagai macam bakteri dan kuman untuk masuk ke dalam

 

Selain dengan menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit. Sebagai salah satu upaya membantu pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di Riau, khususnya Pekanbaru, Relawan Satgas Siaga Bencana beserta mahasiswa KUKERTA UNRI membagikan sejumlah Hand washer di Pasar Pekanbaru (19/05/2020)

 

“Bantuan Hand washer ini merupakan bentuk kepedulian kami dari kampus Universitas Riau. Sebelumnya sudah ada 2 unit Hand washer yang kami serahkan satu dipasar pagi Arengka kemudian satu unit di pasar pagi selasa (panam),” jelas Dosen UNRI Pak Agus selaku Penanggung jawab program Hand washer ini Agus mengatakan, Sengaja memilih lokasi-lokasi pasar karena disanalah banyak pertemuan masyarakat-masyarakat secara umum dan sangat memerlukan sekali Hand washer ini. Kalau dilokasi lain mungkin tidak terlalu efektif .

 

“Kami masih ada satu unit lagi yang akan diserahkan ke pasar Cikpuan dan InsyaAllah setelah lebaran masih ada 3 unit lagi yang akan kami serahkan ke tempat-tempat yang ramai,” ujarnya. Dia menambahkan, Semangat donatur dari berbagai pihak kita juga diminta memberikan ke lokasi-lokasi lain. Pada hari ini kami juga mendapatkan sumbangan dana dari Persatuan Masyarakat Riau yang di Jakarta, karena waktu itu kami serahkan dan mereka merasa ingin ikut berpartisipasi, hanya karena jauh jadi mereka memberikan donasi untuk kita UNRI menyiapkannya dan menyerahkannya ke lokasi yang membutuhkan.

 

“Untuk dipasar dupa ini kami percayakan kepada bapak ibu pengurus masjid di pasar dupa ini yang setiap hari berada disini yang mungkin bisa ikut memelihara dan menjaga nya. Kami mohon bantuan untuk mengisi airnya. Kalaupun nanti ada kerusakan Karena Hand washer ini kita tidak tahu kadang-kadang masyarakat secara umum yang mana masyarakat mungkin menggunakannya kurang pas lalu ada kerusakan bisa menghubungi kami. Kami akan memperbaiki jika ada kerusakan.

 

Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan” tutur Dosen UNRI Pak Agus Pada kesempatan yang sama, ketua DPRD Kota Pekanbaru Bapak Hamdani mengapresiasi pengadaan Hand washer di tempat keramaian seperti pasar dupa ini dia menuturkan Hand washer ini merupakan salah satu ikhtiar bagi kita untuk memutus rantai penyebaran covid-19 selain social distancing kemudian stay at home tentu nya juga sering-sering mencuci tangan karena supaya kita dapat menghindari wabah Covid-19 ini.

 

“Alhamdulillah siang hari ini kita mendapatkan bantuan dari Universitas Riau berupa Hand washer Kemudian kami ucapkan terimakasih banyak kepada tim Universitas Riau kemudian dari PMRJ (Persatuan Masyrakat Riau Jakarta) mudah-mudahan nanti bisa bermanfaat bagi pengunjung pasar kemudian bagi jamaah Masjid Al-Muqaddis ini karena memang kalau kita lihat sehari-hari disini sangat ramai pengunjung.,” tutur Hamdani selaku Ketua DPRD Kota Pekanbaru

 

Hand washer yang diberikan oleh Lembaga Satgas Siaga Bencana UNRI ini merupakan Hand washer yang menggunakan sistem pedal jadi tidak perlu memutar kran, cukup hanya menginjak pedal kiri untuk mengeluarkan air dan pedal kanan untuk mengeluarkan sabunnya. Tak heran, para pedagang atau masyarakat saat ini tidak perlu ke kamar mandi umum hanya untuk mencuci tangan. Kesadaran masyarakat yang datang untuk berbelanja ke pasar ini juga semakin tinggi dengan adanya Hand washer.

 

Badan kesehatan dunia (WHO) juga menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Dengan mencuci tangan merupakan salah satu cara paling efektif mencegah penyebaran Virus Corona, apalagi jika masih harus berkegiatan diluar rumah, Virus Corona bisa menempel di berbagai permukaan yang mungkin kita pegang.

 

“Intinya kita tetap menjaga protokol kesehatan diri sendiri sehingga kita dapat meminimalisir penularan wabah Covid-19 ini,” pungkas Hamdani selaku Ketua DPRD Kota Pekanbaru.(rls)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »