Kabut Asap Bahayakan Kesehatan, Dishub Pekanbaru Tiadakan CFD Besok

Dibaca: 2014 kali  Sabtu,24 Agustus 2019
Kabut Asap Bahayakan Kesehatan, Dishub Pekanbaru Tiadakan CFD Besok
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru memastikan kegiatan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kota Pekanbaru pada Ahad (25/8/2019) ditiadakan.

Karena saat ini kualitas udara di Kota Pekanbaru masih buruk. “Besok aktivitas CFD yang biasa masyarakat dilakukan setiap pekan, ditiadakan untuk sementara waktu. Karena kondisi udara semakin memburuk akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Sabtu (24/8/2019).

Yuliarso mengkhawatirkan jika CFD tetap digelar maka akan memberikan efek yang semakin buruk bagi masyarakat Pekanbaru, khususnya bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit asma dan lainnya.

“Apalagi Pekanbaru ini kan masih menetapkan status siaga I. Jadi dengan ditiadakannya CFD, hal ini bisa mencegah semakin bertambahnya masyarakat yang terkena penyakit ISPA,” tegasnya.

Dengan ditiadakan aktivitas CFD di Pekanbaru, Yuliarso mengatakan pihaknya bersama Satlantas Polresta Kota Pekanbaru tidak akan menutup ruas jalan yang biasanya digunakan untuk area CFD.

“Ya, jadi besok kami bersama Satlantas Polresta Pekanbaru tidak akan melakukan penutupan di ruas Jalan Jenderal Sudirman sebagaimana biasanya,” pungkasnya. Sementara itu, pemerintah Kota Pekanbaru melalui saat ini belum mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan anak sekolah.

Beberapa orang tua mengaku terpaksa meliburkan anaknya sendiri saat kabut asap terasa pekat. "Pemerintah belum mengeluarkan kebijakan meliburkan anak sekolah.

Tapi saya meliburkan anak kalau kabut asap pekat. Tidak menunggu pemerintah. Karena kabut asap langsung berdampak terhadap anak saya," ujar Hadi, salah seorang warga Pekanbaru.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »