Soal Pembebasan Lahan di Riau Diklaim Lebih Mudah Ketimbang Sumbar

Jumat, 07 Desember 2018

RADARPEKANBARU.COM. - Pemprov Riau mengklaim soal pembebasan lahan di Riau jauh lebih mudah dari Sumbar dalam proses pembangunan proyek infrastruktur tol Pekanbaru-Padang.

Asisten II Setdaprov Riau, Masperi mengatakan, berdasarkan banyak pengalaman proyek pembangunan infrastruktur seperti jalan lintas antar provinsi, Riau sedikit sekali mengalami kendala dalam pembebasan lahan. Artinya terhadap proyek tol Pekanbaru-Padang kemungkinan besar kendala pembebasan lahan akan dialami oleh Pemprov Sumbar. 

"Karena disana banyak tanah ulayatnya," katanya, Jumat, 7 Desember 2018 di Pekanbaru. 

Dia menambahkan, saat ini prosesnya masih dalam konsep penyusunan trase. Jika merujuk pada keinginan penyandang dana sebelumnya, memang akan dimulai dari Pekanbaru. "Keinginan penyandang dana mulainya, ya dari Pekanbaru," katanya. 

Masperi berkata untuk pembebasan lahan di Riau, tahah yang nanti akan dibangun jalur bebas hambatan itu didominasi perkebunan. oleh sebab itu dia mengklaim kalau pembebasan lahan di Riau jauh lebih mudah jika dibandingkan di Sumbar. 

"Tapi kami belum tetapkan penloknya. Kapan mulai gerak? belum tahu. Tapi HK (Hutama Karya) sudah mulai turunkan alat. Tinggal penentuan trase, kalau sudah ditetapkan gubernur mereka sudah bisa gerak. Termasuk rancangan trasenya," ungkapnya. (bpc)