KPU Riau Sudah Rekap Data Anomali Pemilih untuk Pemilu 2019

Jumat, 09 November 2018

RADARPEKANBARU.COM.Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan 12 November ini pihaknya sudah melakukan perekapan daftar pemilih Riau untuk Pemilu 2019.

 

Saat dijumpai  di ruangannya, Nurhamin mengatakan pihaknya telah mulai mengolah data anomali yang diberikan Bawaslu Riau. Setelah pemuktahiran, 12 November nanti akan ada penyempurnaan perekapan.

 

"Data anomali itu sudah mulai dikerjakan KPU kabupaten/kota, dan perbaikan kesempurnaannya sudah ada progres. 12 November, diperkirakan sudah ada rekapnya," terang Nurhamin, Jumat 9 November 2018.

 

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan menyebutkan ada 32.556 data pemilih yang disebut KPU Riau sebagai data anomali (data yang belum jelas).

 

"Keberadaan data pemilih anomali ini harus dilakukan pembersihan," kata Rusidi. Tidak hanya itu, hingga akhir September 2018 lalu, masih tercatat 19.782 pemilih ganda di Riau.

 

Data pemilih ganda ini tersebar di seluruh wilayah kabupaten/kota yang ada di Riau. "Sampai akhir September 2018 ini, masih tercatat ada 19.782 jumlah pemilih ganda. Data tersebut juga harus dicermati untuk dilakukan pemuktahiran," kata Rusidi. (bpc)