Bupati Kuantan Singingi Mursini dan Halim Naik Perahu Baganduang

Jumat, 03 Agustus 2018

RADARPEKANBARU.COM.Bupati Kuantan Singingi Mursini bersama wakilnya Halim, Kamis (2/8/2018) siang melepas hilir pertama Pacu Jalur Rayon III. Saat pelepasan di pancang start Tepian Saidina Ali Desa Luai, Kecamatan Kuantan Mudik itu, Bupati dan Wabup naik Perahu Baganduang.

Di awal pelepasan hilir jalur pertama, Bupati Mursini beserta rombongan disambut dengan gemuruh kompang dibantu boat dan dibawa ke hulu pancang start Tepian Saidina Ali tempat acara pacu jalur berlangsung.

Hilir pertama sah dilepas Bupati Mursini yang ditandai dengan kibasan bendera dan dentuman suara tembakan. Bupati Mursini beserta rombongan hilir dengan Perahu Baganduang Tradisi Budaya masyarakat Kuantan Mudik yang kini menjadi Tradisi Budaya Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2018.

Adapun hilir pertama adalah Jalur Tapak Godang Sungai Gorakan dari Desa Pasar Gunung, Kecamatan Gunung Toar, dengan Jalur Singa Kuantan dari Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan. Begitu dua jalur kebanggaan dilepaskan, langsung disambut riuh sorak "Kayuah" dan tepuk tangan pun berdatangan dari penonton warga Kecamatan Kuantan Mudik sekitarnya.

Sebanyak 48 jalur ikut berpartisipasi dalam event Pacu Jalur Rayon III ini, dimulai hari ini, Kamis (2/8/2018) sampai dengan Sabtu (3/8/2018) lusa. Kecamatan Kuantan Mudik selaku tuan rumah menerjunkan 19 jalur, Kecamatan Gunung Toar sebanyak 10 jalur, Kecamatan Hulu Kuantan sebanyak 10 jalur, Kecamatan Kuantan Tengah sebanyak 8 jalur.

Turut hadir mendampingi Bupati dan Wabup Kuansing dalam kompang menuju panjang start Tepian Saidina Ali, Wakil Ketua DPRD Sardiyono A.Md, Anggota DPRD Musliadi dan Endrizal. Sejumlah pejabat eselon II, Kabag Humas dan Protokoler Drs Muradi, Camat Kuantan Mudik, Kapolsek, Danramil, dan sejumlah tokoh masyarakat Lubukjambi di antaranya H. Mukhlis.(ckc)