Tol Pekanbaru-Dumai Seksi II Baru 13,64 Persen

Jumat, 27 Juli 2018

RADARPEKANBARU.COM.Progres Pembangunan jalur tol Pekanbaru-Dumai di seksi II baru terealisasi 13,65 persen. PT. Hutama Karya mencatat data tersebut berdasarkan laporan pembangunan per 19 Juli 2018. Asisten Manager Pengendalian HK, Yanwar Widiandi menjelaskan pembangunan tol yang harus diselesaikan di seksi II sepanjang 24,1 km dengan rencana sekitar 38,38 persen.

"Sementara yang sudah terealisasi 13,64 persen. Masih ada sisa (deviasi) 24,74 persen lebih," ujarnya, Jumat, 27 Juli 2018. Dia menambahkan, tidak hanya pada seksi I, pada bagian ini juga mengalami kendala, seperti perlu ada penambahan lahan karena perubahan trase karena ada sumur bor Chevron.

"Selain itu juga perlu optimasi soil improvement serta optimasi Desain untuk tanah lunak dan gambut yang semula sudah ditimbun menjadi struktur," ujarnya.

Sebelumnya, PT. Hutama Karya mencatat progres pembangunan tol seksi 1 Pekanbaru-Dumai sudah 43,15 persen. “Di seksi 1 ini panjang jalan yang akan dibangun 9,5 km, yang sudah terealisasi 43,15 persen dari rencana 100 persen,” katanya, Rabu, 25 Juli 2018. Dia menambahkan, dengan demikian masih ada deviasi (sisa) sekira 56,84 km yang harus dikebut pembangunannya.

Dia mengakui memang ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses penyelesaian pembangunan jalan. Yanwar mengatakan, diantaranya, perlu adanya tambahan lahan lantaran perubahan trase karena ada sumur Chevron.

Selain itu, perlu dilakukan pergeseran trase karena pipa minyak dan optimasi alinemen vertical untuk mengurangi soil improvement untuk tanah lunak. “Sehingga tinggi galian harus ditambah,” sambungnya. (bpc)