Tujuh Hektar Lahan Gambut di Batang Gangsal Kembali Terbakar

Selasa, 24 Juli 2018

RADARPEKANBARU.COM.Memasuki musim kemarau tahun 2018, kasus kebakaran lahan dan hutan kembali terjadi di Desa Penyaguan, Kecamatan Batang Gangsal, Indragiri Hulu, Riau.

Berdasarkan informasi kejadian itu sudah berlangsung selama tiga hari, dan api sudah menghanguskan lebih dari 7 hektar lahan milik warga setempat.

Kepala KPBD (Kantor Penanggulangan Bencana Daerah) Inhu, Raden Agus Widodo M.Si mengatakan, lahan yang terbakar merupakan areal gambut yang masih semak belukar.

"Sebahagian dari lahan yang terbakar itu merupakan lahan kosong yang masih semak belukar, dan sebagian sudah ditanami kelapa sawit," ujar Widodo,  Senin (23/7/2018).

Disebutkan Widodo, kebakaran lahan tersebut terjadi sejak Sabtu (21/7/2018) sore, dan pihaknya sudah turun ke lokasi untuk memadamkan api.

"Begitu mendapat laporan, kita langsung menurunkan tim ke lokasi untuk memadamkan api. Jumlah tim dalam 1 regu terdiri dari 20 orang dengan membawa 6 unit mesin pompa air," tuturnya. Widodo mengaku, dalam melakukan pemadaman, pihaknya cukup mendapat kesulitan lantaran lokasi kebakaran jauh dari sumber air.

"Hingga saat ini, tim sudah tiga hari berada di lapangan, dan api sudah dapat dikendalikan. Dengan dibantu warga setempat, saat ini petugas tinggal melakukan pendinginan," terang Widodo.

Dengan demikian, Widodo kembali menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. "Saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena hal merupakan tindakan pidana," pungkasnya tegas.(grc)