Pengurus Hulubalang LAMR Rohul Dikukuhkan dan Langsung Dinasehati Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim

Rabu, 16 Mei 2018

RADARPEKANBARU.COM.Pengurus Hulubalang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu (Rohul) dikukuhkan oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rohul H. Tengku Rafli Armien S.Sos di Kantor LAM Rohul, Selasa siang (15/5/2018).

 

Pada pengkuhan tersebut, ?H. Syafaruddin Poti SH bergelar Panglimo Bosa Pagar Alam dikukuhkan sebagai Ketua Umum Hulubalang LAMR Rohul?, sedangkan Minarli Ismail sebagai sekretaris.

 

Acara pengukuhan pengurus Hulubalang LAMR Rohul begitu istimewa, sebab turut dihadiri Plt Gubernur Riau (Gubri) H. Wan Thamrin Hasyim, Bupati Rohul H. Sukiman, Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Ketua LAMR Rohul H. Zulyadaini.

 

Hadir juga Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Beny Setiyanto, Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, Kepala Kejari Rohul Freddy Simanjuntak, serta para Kepala OpD di lingkungan Pemkab Rohul Rohul.

 

Saat amanatnya, Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim berpesan kepada Ketua Umum Hulubalang Rohul Syafruddin Poti dan pengurus lain untuk tetap kompak dalam menjaga keamanan dan kedamaian di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

 

Hulubalang merupakan pagar nogori harus menjadi perisai? yang selalu berada di depan. Hulubalang juga dimintanya tetap berkoordinasi baik dengan pemerintah daerah, termasuk terus berkoordinasi dengan para pemuka adat.

 

Wan Thamrin juga mengajak Hulubalang Rohul dalam mendeteksi dini ancaman teros yang tengah meresahkan saat ini. Untuk itulah, peran Hulubalang sangat diperlukan dalam mendeteksi dini ancaman-ancaman tersebut.

 

Plt Gubri juga meminta Hulubalang Rohul untuk tetap membangun sinergitas dengan Pemkab Rohul dan Forkopimda Rohul dalam menjaga keamanan negeri, termasuk dalam mengatasi ancaman-ancaman teror.

 

"Selalu ambil langkah preventif jangan sampai sudah terjadi baru kita bergerak, tentunya banyak yang dirugikan. Bom itu tidak ada matanya, jadi harus tetap waspada," imbaunya.

 

Hulubalang juga diharapkan Plt Gubri tetap memberikan kontribusi sebagai perisai dan pengamanan daerah, terlebih umat Muslim yang akan memasuki bulan suci Ramadhan.

 

"Jalankan tugas dan fungsi dari Hulubalang dengan sebaik-baiknya. Selalu jalin hubungan baik dengan Pemkab Rokan Hulu dan Forkopimda Rohul, sehingga Negeri Seribu Suluk akan selalu aman," harap Plt Gubri.

 

Sementara, Ketua LAMR Rohul H. Zulyadaini mengatakan Hulubalang merupakan perlengkapan dari LAM yang memang harus terbentuk dalam menjaga negeri.

 

"Jadi Hulubalang ini bertugas menjaga negeri serta nilai-nilai dan hukum adat kita yang di zaman modren seperti saat ini sudah mulai hilang," jelas pria yang akrab disapa Haji Zul. Haji Zul sangat berharap Hulubalang bisa menjaga hukum adar dan nilai-nilai adat yang berjuluk Negeri Seribu Suluk bagi seluruh generasi muda di Kabupaten Rohul.***(rtc)