Busyet ! Pencarian pesawat MH370 terlama dalam sejarah

Kamis, 20 Maret 2014


RADARPEKANBARU.COM - Pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 sudah memasuki hari ke-13 pada Kamis (20/3/2014). Pencarian pesawat yang membawa 239 orang itu tercatat sebagai yang terlama dalam sejarah insiden pesawat terbang.
 
Pesawat MAS MH370 lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur sekitar 00.41 menuju Beijing pada tanggal 8 Maret 2014. Namun, setelah lepas landas pesawat itu kehilangan kontak dengan petugas lalu lintas udara dan lenyap misterius hingga sekarang.
 
Dalam sejarah pencarian pesawat hilang, pencarian pesawat MH370 merupakan yang terlama. Berikut catatan waktu pencarian sejumlah pesawat terbang yang hilang dan kecelakaan yang pernah ada, seperti dilansir Reuters.
 
1.Pesawat Adam Air 574


Pesawat jenis Boeing 737-400 ini hilang di lepas pantai Sulawesi Selatan, Indonesia pada 1 Januari 2007. Namun, pesawat itu ditemukan 10 hari kemudian. Ihwal ditemukannya Adam Air 574 berkat temuan sirip ekor pesawat oleh nelayan setempat. Atas jasanya, nelayan itu diberi hadiah Rp50 juta.
 
2.Pesawat Air France 447


Pesawat ini hilang pada penerbangan tanggal 1 Juni 2009 dari Bandara Internasional Galeão di Rio de Janeiro, Brasil, menuju Bandara Internasional Charles de Gaulle, Paris, Perancis. Pesawat itu jenis Airbus A330 – 203 itu ditemukan lima hari setelah hilang.
 
3.Pesawat Egypt Air 990


Pesawat itu hilang pada 31 Oktober 1999, dari Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat ke Bandara Internasional Kairo, Mesir. Pesawat itu ditemukan satu hari kemudian di Pulau Nantucket, Massachusetts.
 
Kembali ke hilangnya pesawat MAS MH370. Sejak hilang 13 hari lalu, berbagai klaim saksi mata yang mengaku melihat pesawat terbang rendah bermunculan. Di Maladewa, saksi mata melihat ada pesawat jumbo dengan warna mirip pesawat Malaysia terbang rendah. Namun, itu sudah dibantah pejabat Malaysia.
 
Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein, mengatakan, Kepala Angkatan Udara Maladewa telah memberitahu kepadanya kalau laporan itu tidak benar. "Berdasarkan pemantauan terkini, tidak ada indikasi pesawat MAS MH370 telah terdeteksi radar dan memasuki wilayah tersebut," kata pihak Angkatan Pertahanan Nasional Maladewa.
 
Klaim juga muncul dari nelayan di Aceh. Namun, radar militer Indonesia juga menegaskan tidak mendeteksi adanya pesawat MH370 melintas di wilayah tersebut.(sindo)