Bupati Siak Resmi Kembalikan Formulir Cagub Riau ke Partai Demokrat

Jumat, 15 September 2017

Syamsuar disambut langsung Ketua DPD Demokrat Riau, Asri Auzar, SH. M, Sekretaris DPD Demokrat, Edy Yatim, Ketua tim penjaringan, Tony Hidayat, dan sejumlah pengurus lainnya.

RADARPEKANBARU.COM - Bupati Siak Syamsuar menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon gubernur Riau untuk Pilgub 2018 ke DPD Partai Demokrat. Syamsuar merupakan calon pertama yang menyerahkan formulir dari 12 calon yang ada di Demokrat Riau.

"Sore tadi Bupati Siak, Syamsuar menyerahkan formulir sebagai bakal calon Gubernur Riau untuk Pilkada serantak tahun depan," kata Sekretaris DPD Demokrat Riau, Eddy Muhamad Yatim, Jumat (15/9/2017).

Demokrat Riau membuka pendaftaran bakal calon gubernur dari tanggal 8 hingga 13 September 2017. Calon yang telah mengambil formulir diberikan waktu untuk mengembalikan berkas di tanggal 14 hingga 20 September. Setelah itu Demokrat menutup pendaftaran calon.

"Waktu kandidat mendaftar ke partai kami, masih boleh diwakilkan dengan menunjukkan surat kuasa. Namun saat pengembalian formulir harus calonnya sendiri. Dan hari ini baru Bupati Siak Syamsuar yang mengembalikan formulir pendaftaran tersebut," ujar Eddy.

Ketua Penjaringan Pilgub Riau Tony Hidayat mengatakan pengembalian berkas oleh kandidat sebagai bentuk keseriusan maju di Pilgub Riau. Saat dibuka, ada 12 kandidat yangg mendaftar sebagai calon gubernur dan 4 kandidat sebagai calon wakil gubernur.

"Jika sampai batas akhir yang kami tentukan formulir pendaftaran tidak dikembalikan, berarti yang bersangkutan tidak serius," kata Tony.

Demokrat akan melakukan verifikasi berkas yang diserahkan calon dan mengumumkannya pada 26 September mendatang. Demokrat Riau akan mengumumkan 5 bakal calon yang dianggap lolos seleksi. Tahapan berikutnya Demokrat akan melakukan polling SMS dari warga atas lima kandidat yang diumumkan.

"Dari lima kandidat Gubernur Riau itu, nantinya akan ada 3 nama yang akan kita serahkan ke DPP Demokrat. Begitu juga untuk Wakil Gubernur Riau. Selanjutnya nanti DPP Demokrat yang akan menentukan siapa kandidat yang akan diusung," jelas Tony. (dtk)