Mahasiswa Tanjung Medan Rohil Temui Pansus RTRWP Riau

Senin, 04 September 2017

Senin (04/09) Perwakilan Mahasiswa Kecamatan Tanjung Medan Menjumpai Ketua Pansus RTRW Propinsi Riau, Asri Auzar.

RADARPEKANBARU.COM-Senin (04/09) Perwakilan Mahasiswa Kecamatan Tanjung Medan Menjumpai Ketua Pansus RTRW Propinsi Riau, Asri Auzar.
Ihwal kunjungan itu untuk mendapatkan informasi terkait status Kawasan Napangga Indah dalam Peta RTRW Riau.

Pada Kesempatan Itu, Zunnur Roin yang merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa Kecamatan Tanjung Medan menyebutkan di pinggiran Danau Napangga Indah telah dibuka lahan perkebunan oleh oknum Anggota DPRD Rohul.

Menurut Zunnur, perwakilan mahasiswa mendatangi DPRD Riau untuk mendapatkan informasi status kawasan Napangga indah. Karena ada temuan bahwa telah dibukanya lahan perkebunan tepat di bibir danau napangga indah.

Zunnur mengatakan masalah harus diselesaikan, mengingat bahwa pembukaan lahan itu berdampak kepada lingkungan. Kemudian apakah pembukaan lahan itu sesuai dengan SOP perkebunan dan kehutanan.

"Nah, kunjungan kami ke pansus RTRW ini ingin memperoleh informasi status kawasan napangga indah itu, dan kami juga memohon dukungan advokasi kepada Kanda Asri, mengingat beliau juga wakil rakyat kami di provinsi dari Rohil" turur Zunnur.

Dalam pertemuan tersebut Asrri Auzar menyampaikan bahwa untuk tanjung medan sendiri dalam peta RTRW sudah di lakukan pemetaan.

"Tanjung Medan ada kawasan yang kita putihkan, seperti pemukiman masyarakat di pinggiran sungai. Kalau untuk danau Napangga sendiri itu kita peruntukkan sebagai kawasan pariwisata. Tidak boleh ada kebun dan hanya boleh dibangun infrastruktur kepariwisataan" ujar Asri Auzar yang juga ketua DPD demokrat Riau ini.

Sebagaimana diketahui, danau napangga merupakan sasaran kepariwisataan rohil masa depan.

Sebelumnya Mahasiswa juga melakukan gerakan refleksi kepariwisataan. Dalam pernyataan sikapya mahsiswa mengutuk upaya perusakan lingkungan yang dapat menghambat perekembangan kawasan napangga indah.

Mahasiswa Tanjung Medan berjanji akan selalu mengadvokasi lahan yang juga terendus sindikat "CUKONG" itu.

Saat ini mahasiswa selalu intens melakukan kajian , jika nantinya sudah menemukan data yang lengkap, mahasiswa akan meminta Bupati Rohil mengambil tindakan tegas. (rls)