Disdik Pelalawan Liburkan Siswa di 4 Kecamatan

Kamis, 13 Februari 2014

Ilustrasi

Pelalawan, (radarpekanbaru.com) - Dinas Kesehatan Pelalawan saat ini telah membuat surat rekomendasi pada Dinas Pendidikan Pelalawan agar meliburkan para siswa yang ada di daerah ini terkait kabut asap yang makin tebal di Kabupaten Pelalawan. Dasar alasan pemberian rekomendasi ini selain terus terjadinya peningkatan penyakt ISPA, juga karena pihaknya melihat tingkat ISPU di Pekanbaru sudah memasuki kategori sedang.

"Kita kan disini tak memiliki alat ISPU, jadi tolak ukur kita di Pekanbaru yang saat ini tingkat pencemaran udaranya memasuki kategori sedang. Kalau di Pekanbaru saja tingkat pencemarannya sedang, maka di daerah kita tentu tinggi, karena asap sendiri berasal dari daerah ini," terang Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan, Endit, pada media ini di Pangkalankerinci, Kamis (13/2/2014).

Terpisah, Kadisdik Pelalawan MD Rizal melalui Kabid Kurikulum, Salbiah, mengatakan bahwa pihaknya memang baru menerima surat Kadiskes terkait rekomendasi untuk meliburkan siswa akibat kabut asap ini. Namun sejauh ini, baru empat kecamatan saja yang mengeluhkan kabut asap ini.

"Jadi sampai saat ini, baru 4 kecamatan saja yang dipastikan untuk diliburkan mulai besok sampai Sabtu mendatang (15/2/2014), yakni Kecamatan Pelalawan, Kecamatan Teluk Meranti, Langgam dan Ukui. Sedangkan UPTD-UPTD di kecamatan-kecamatan lain belum ada yang mengeluhkan soal kabut asap," ungkapnya.

Namun meski begitu, sambungnya, pada kecamatan-kecamatan di luar 4 kecamatan itu, pihak Disdik menginstruksikan jika Jumat besok (14/2/2014) sekiranya kabut asap kembali menebal maka diharapkan sekolah untuk meliburkan siswanya saja sampai Senin mendatang (17/2/2014). (rp/hr)