Komisi II DPR RI Kunjungi Kampar, Tinjau Kesiapan Jelang Piilkada Serentak

Kamis, 26 Januari 2017

RADARPEKANBARU.COM-Untuk melihat kesiapan pelaksanaan Pemilukada serentak khususnya di Kampar dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2017-2022, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) yang memiliki peran dalam hal pemilukada langsung mengunjungi Kabupaten Kampar.

Rombongan Kunjungan Spesifik Komisi II DPR RI yang dipimpin oleh Rambe Kamarul Zamal disambut langsung oleh PJ Bupati Kampar Syahrial Abdi, di Ruang rapat lantai III Kantor Bupati Kampar Kamis, 26 Januari 2017.

Dalam kesempatan ini hadir anggota dari Komisi II DPR RI antara lain, H Sirmafji, Agung Widyantoro, Amran, Haerudin, H Irmawn,Chairil Anwar,K.H Asep Ahmad Maosul Affandy, H. M. Ali Umri, serta Kasubbag Komisi II Dian Setiono.

PJ Bupati Kampar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa untuk saat ini jumlah penduduk Kabupaten Kampar lebih kurang sebanyak 753.376 dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kampar 2017 sebanyak 480.967 dengan jumlah TPS sebanyak 1.323 TPS dari 21 Kecamatan serta 250 Desa dan Kelurahan.

Lebih lanjut untuk menjaga kenetralitas dan keamanan pilkada, Potensi seorang para Kepala Desa bahkan Camat sangat besar bisa untuk dimamfaatkan oleh kepentingan suatu kelompok politik.

"Untuk itu mulai dari, Kepala Dinas, Camat sampai Kepala Desa,Tokoh Masyarakat, Tokoh Warga, Tokoh Adat bahkan Forkopimda telah menandatangani Fakta Integritas pilkada damai yang ja disaksikan langsung oleh seluruh pasangan calon" tutur Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi, AP, M.Si.

Selain itu, himbauan kepada seluruh ASN baik dalam bentuk Baliho, Medsos serta Radio untuk juga bisa menjaga netralitas dalam arti tidak tergabung dalam politik agar masyarakat tahu bahwa kita sebagi aparatur negara komit menjaga netralitas dan keamanan dilapangan.

Disamping itu himbauan juga kepada seluruh masyarakat untuk memberikan hak suara kepada para paslon yang dianggap siap untuk memimpin Kampar lima tahun kedepannya.

Dengan demikian, atas nama Pemda Kampar, KPU, Panwaslu, Forkopimda, para timses dan masyarakat untuk siap mengsukseskan pemilukada Kabupaten Kampar 15 Ferbruari 2017 nantinya.

Semantara itu Rambe Kamarul Zaman selaku ketua Tim Rombongan Komisi II DPR RI mengatakan, bahwa intinya kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan KPU Kampar sebagai penyelengara lapangan dan kesiapan Panwas Kampar dalam pengawasam pilkada ini, yang mana tugas pokok dan fungsi komisi II DPR RI mitra dari KPU dan Bawaslu.

Politisi dari Partai Golkar tersebut berharap pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kampar nantinya bisa berjalan dengan tertib, aman, damai dan lancar.

"Siapapun pemenangnya beliau berpesan itulah yang terbaik pilihan rakyat" kata Rambe.

Oleh karena itu, Komisi II DPR RI meminta penyelengara pemilu KPU dan Panwas agar melaksanakan tugasnya penuh tanggung jawab, dan juga daftar pemilih tetap (DPT ) karena sebagai kita ketahui terkait DPT ini masih menjadi polemik secara nasional, karena banyak permasalahan yang akan dikuatirkan dan muncul dampak yang tidak baik, dalam penyuksesan dalam penyelengaraan dan pengawasan pilkada.

Turut hadir pada kunjungan Komisi II DPR RI tersebut antara lain, Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesra Pemrov Riau Ahmad Syah Harrofie, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata, Sekda Kampar Zulfan Hamid, Ketua KPI Kampar Yatarullah, Ketua Panwaslu Kampar Martunus, para Asisten dan para Kepala Dinas di Kabupaten Kampar. (hms)

Editor : Herikson