Lima Posisi Pejabat Tinggi Pratama Di Pekanbaru Akan Dilelang

Sabtu, 07 Januari 2017

Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, akan membuka lelang jabatan bagi lima posisi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) atau setara eselon II yang masih kosong di wilayah setempat.

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, akan membuka lelang jabatan bagi lima posisi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) atau setara eselon II yang masih kosong di wilayah setempat.

"Kami akan buka pada pertengahan bulan ini, silakan bagi yang berminat mengisi jabatan yang kosong," kata Pelaksana tugas Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Edwar sambil menunggu proses seleksi dan didapat pejabatnya ia sudah melantik pelaksana tugas.

"Kemaren ada lima pelaksana tugas (Plt) yang saya lantik," terangnya.

Di luar jabatan yang kosong tersebut kata Edwar bisa juga dilakukan pengisian bidang lain yang masih di bawah kewenangan Plt.    "Untuk seleksi PTP, saya sudah minta Sekda membuat tim," tegasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru Masriah membenarkan saat akan ada lelang jabatan. Untuk proses pihaknya segera berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Setelah mendapatkan restu dari Komisi ASN, akan dibentuk tim Panitia Seleksi (Pansel).

"Jika tahapan ini sudah dilakukan, baru akan diumumkan pendaftaran lelang jabatan tersebut," kata Masriah.

Ia menjelaskan lelang dibuka untuk mengisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang masih kosong.

Lanjutnya, jabatan di OPD baru ini jumlahnya ada 1.274, mulai dari eselon II sampai IV.

Dari jumlah itu, masih ada yang kosong sekitar 33 jabatan. Dari 33 jabatan itu, lima jabatan di antaranya adalah untuk posisi Pejabat Tinggi Pratama atau eselon II.

"Nah, untuk pengisian Pajabat Tinggi Pratama itu harus melalui lelang jabatan," kata dia.

Ia menambahkan pendaftaran diperkirakan akan dibuka dalam pertengahan bulan ini.

Proses pendaftaran hingga sampai ke pengumuman pejabat yang lolos seleksi lelang jabatan memakan waktu sekitar dua bulan.

"Karena 15 hari kerja itu nanti kami habiskan untuk pengumuman dan pendaftaran, setelah itu baru masuk tahapan seleksinya," jelasnya.

Ia mengimbau seluruh pejabat yang memenuhi kualifikasi untuk bisa mempersiapkan persyaratannya sebab lelang  ini terbuka bagi seluruh pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Yang memenuhi persyaratan silakan mendaftar sesuai dengan ketentuan yang akan kami umumkan terbuka," katanya.

Lima SPD yang masih kosong tersebut adalah PLt Kepala Dinas Pertanahan dijabat oleh Azwan yang juga Asisten 1. Kemudian Plt Kepala Dinas Infokom, Statistik dan Persandian, dijabat oleh Firmansyah Eka Putra yang juga Sekretaris Dinas Infokom, Statistik dan Persandian.

Kemudian Yusrizal, Kepala Bappeda rangkap jabatan sebagai Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru. Masriah yang menjabat sebagai sekretaris BKD juga menjadi Plt Kepala BKD. Kemudian Alek Kurniawan selain menjabat sebagai Sekretaris BPKAD juga menjabat sebagai Plt Kepala BPKAD. (*)