Ratusaan Guru Mengaji DI Inhil Ikuti Pelatihan Mengejar Alquran

Selasa, 29 November 2016

Sebanyak 150 guru mengaji ikut pelatihan mengajar Al-Quran Tahun 2016 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau.

RADARPEKANBARU.COM - Sebanyak 150 guru mengaji ikut pelatihan mengajar Al-Quran Tahun 2016 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau.

"Program pelatihan ini menghadirkan instruktur Pengasuh Pondok Al-Qur’an Batam Centre M.Yunus," ucap Bupati Inhil Muhammad Wardan, Selasa (29/11)

Ia mengungkapkan, program ini sangat penting dalam rangka mendukung guru mengaji untuk meningkatkan ilmu mengajar Al-Quran sesuai standar ilmu membaca Al-Quran yang baik dan sesuai kaidah ilmu tajwid.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini juga sebagai upaya ikut serta mensuksekan program gerakan magrib mengaji yang dicanangkan oleh pemerintah untuk melahirkan generasi Qurani (Qari dan Qariah) yang mampu membaca Al - Quran dengan baik dan benar.

"Kedepan, semoga para guru mengaji mampu menciptakan metode mengajar yang baik khususnya dalam menumbuhkan semangat belajar pada anak," tuturnya.

Ia mengharapkan, kepada guru mengaji agar dapat memodifikasi sistem pengajaran sehingga tidak menimbulkan kejenuhan pada anak dalam belajar. Mendorong anak mampu membaca Al-Quran dengan fasih terlebih lagi membantu anak memahami makna yang terkandung dalam Al-Quran sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu, Kepala Bagian Kesejateraan Masyarakat (Kesra) Setda Inhil M.Arifin mengatakan, yang tidak kalah penting dalam pelatihan mengajar ini adalah guru mengajar Al-Quran harus mempunyai kemampuan menarik serta daya tarik yang bisa mengajak anak untuk belajar.

Dengan begitu, kata dia,  program gerakan magrib mengaji yang dilaksanakan di mesjid dan surau semakin diminati dan diramaikan oleh masyarakat.

"Guru harus menggunakan metode mengajar yg menarik dan tidak membosankan," Jelas Arifin.

Pelatihan guru mengajar Al-Quran dilaksanakan di Mesjid Raya Al-Huda Tembilahan dan dibuka langsung oleh Bupati Inhil Muhammad Wardan dengan peserta pelatihan meliputi Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan hulu. (ant)