APRIL Group Luncurkan Program Edukasi Kehutanan Interaktif Pertama di Indonesia

Sabtu, 21 November 2015

Tony Wenas

RADARPEKANBARU.COM- APRIL group meluncurkan The Fascinating World of Forestry, sebuah program pendidikan interaktif mengenai kehutanan melalui digital pertama di Indonesia.

Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), anak perusahan APRIL Group, Tony Wanes mengatakan, program ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menarik minat siswa mengenai kehutanan, lingkungan hidup, pembangunan berkelanjutan dengan perkembangan masyarakat pada sektor industri kehutanan.

Tony menyebutkan, program ini awalnya akan melibatkan 12 sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta, Riau, dan Medan yang akan diberi kesempatan mempelajari secara langsung bagaimana proses pembuatan kertas dengan tidak merusak lingkungan.

"Untuk saat ini, kita akan menjalin kerja sama dengan 12 sekolah di tiga kota. Mereka akan mendapat pengetahuan tentang melestarikan alam dan bagaimana membuat kertas dengan tidak merusak hutan," kata Tony pada acara peluncuran The Fascinating World of Forestry yang dihadiri oleh Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault dan Direktur Konservasi, Petrus Gunarso di SMAN 3 Setia Budi Jakarta, Jumat (20/11)

Dia menambahkan, hadirnya program ini dengan pertimbangan bahwa industri kehutanan memiliki potensi yang luar biasa sehingga adanya program untuk interkatif mengunakan web portal interaktif ini menjadi pemicu minat siswa untuk mengenal hutan Indonesia dan cara pengolahan kertas yang tidak merugikan lingkungan karena dibantu oleh iklim Indonesia yang sangat mendukung.

"Iklim di Indonesia sangat mendukung pertumbuhan pohon acacia dan eucalyptus karena hanya dalam waktu lima tahun kita sudah dapat menikmati hasilnya. Hal ini yang menjadi salah satu kenapa kita menerapkan produksi kertas berkelanjutan karena kita tidak membutuhkan waktu lama untuk panen. Sementara hal ini tidak terjadi di negara sub-tropis. Mereka akan membutuhkan waktu 20 -25 tahun untuk panen," jelasnya.

Dia melanjutkan, melalui program ini, APRIL Group dapat mengajak siswa untuk lebih mengenal hutan Indonesia serta mengetahui bagaiamana cara pembuatan kertas mengunakan hasil hutan berkelanjutan tanpa mengorbankan tanggung jawab pada lingkungan dengan mengunakan metode pembelajaran online melalui web portal.

Tony menjelaskan, metode pembelajaran online disebarkan oleh APRIL Group dengan mengunjungi sekolah- sekolah untuk mengadakan serangkaian loka karya, berbagai diskusi, serta pameran industri kehutanan yang berhubungan dengan informasi mengenai potensi hutan dan dampaknya.

Pada kempatan sama, Sumarno, guru SMA 3 menuturkan, kehadiran APRIL Group untuk mendidik siswa sangat diapresiasi. Sebab hutan di Indonesia sangat berharga, tidak hanya bagi bangsa kita saja, tetapi bagi dunia.

Hal ini juga diperkuat oleh Ketua Ulang Tahun SMA 3 Adhyaksa Dault bahwa hutan Indonesia merupakan paru-paru dunia sehingga sangat perlu bagi siswa generasi bangsa untuk menjaga dan melestarikan hutan.(*)

Maria Fatima Bona/PCN

BeritaSatu.com