Suku Sakai Riau Binaan Chevron Panen Lele

Jumat, 02 Oktober 2015

Suku Sakai Riau Binaan Chevron Panen Lele

RADARPEKANBARU.COM- Kelompok Tani Karya Mandiri dari Suku Sakai binaan PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) panen raya perdana 15.000 ikan lele dumbo di Kampung Adat Sakai, Desa Libo Jaya, Kabupaten Siak.
 
"Bantuan Bibit ikan lele dumbo merupakan bagian dari program investasi sosial terintegrasi dan berjangka panjang yang diprakarsai oleh Chevron: Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Enterprise Cluster and Microfinance Access (PRISMA)," kata Government Relation Specialist Chevron Yuni Amri lewat pesan elektronik yang diterima Antara di Pekanbaru, Jumat siang.
 
Ketua Kelompok Tani Karya Mandiri Susanto menceritakan ihwal masyarakat di sekitar yang semula tidak memiliki pekerjaan, sekarang mereka sudah memiliki penghasilan yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Chevron yang telah membantu. Warga sudah banyak bergabung dan ikut merasakan manfaatnya," kata Susanto saat panen perdana akhir September lalu.
 
Ia berharap semoga ke depannya bisa mengembangkan program lainnya, seperti peternakan dan perkebunan.
 
Sementara itu, Yuni Amri menjelaskan bahwa bantuan bibit ikan lele dumbo bertujuan agar perekonomian masyarakat dapat meningkat.
 
"Kami berharap masyarakat dapat mandiri mengembangkan program budi daya ini dan mudah-mudahan kegiatan berjalan sukses dan terus berlanjut" kata Yuni.
 
Chevron, kata dia, terus berupaya mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan.
 
Melalui Program PRISMA, lanjut dia, pemberdayaan ekonomi masyarakat diimplementasikan pada program pertanian terpadu, kluster usaha kecil dan akses permodalan skala mikro, peternakan/perikanan, dan sebagainya.
 
Untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, kata dia, Chevron dan mitra pelaksana program terus melakukan pembinaan, penyebaran peralatan pendukung program, dan pendampingan di lapangan guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menjalankan usaha serta mengembangkan potensi lokal.
 
"Program PRISMA saat ini sudah bergulir di seluruh operasi Chevron di Indonesia, termasuk pada beberapa kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai," katanya.(alam)