Jaksa Agung RI janji usut tuntas korupsi P4S di Kampar

Rabu, 26 Agustus 2015

Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) HM Prasetyo

RADARPEKANBARU.COM- Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) HM Prasetyo memastikan pihaknya sedang mengusut dugaan korupsi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata di Kabupaten Kampar. Namun, Ia mengaku membutuhkan waktu untuk menyelidiki program andalan Bupati Jefry Noer itu.
 
"Mengenai P4S, sedang dilakukan penyelidikan oleh Jampidsus (Jaksa Agung Muda Pidana Khusus). Kalau memang memenuhi syarat, kita tingkatkan ke tahap penyidikan. Namun, kita butuh waktu mengumpulkan informasi," kata HM Prasetyo dalam paparan kuliah umum di hari kedua Pelatihan Bersama Aparat Penegak Hukum (Apgakum) 2015 yang digelar di Pekanbaru, Selasa (25/08//15).
 
Prasetyo berjanji akan mengusut dugaan korupsi itu. Namun, Ia mengaku, pihaknya saat ini harus lebih berhati-hati dalam menangani setiap perkara untuk mengantisipasi gugatan pra peradilan terhadap lembaganya.
 
"Sekarang pra peradilan lagi marak. Jadi kita harus hati-hati," ujarnya dihadapan 180 peserta pelatihan.
 
Pernyataan ini disampaikan Jaksa Agung untuk menjawab desas-desus program P4S Bupati Kampar Jefry Noer yang diduga sarat dengan tindak pidana korupsi. Bahkan, beberapa waktu lalu Kejagung telah menurunkan Tim Satgas guna mengumpulkan bukti-bukti dan saksi terkait kasus ini.
 
Pada pelatihan yang digelar selama 5 hari ini, sebanyak 180 peserta yang hadir berasal dari beberapa institusi yakni, Penyidik Kepolisian, Penyidik Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi, Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Auditor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di wilayah Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.
 
Pada hari kedua ini, selain Jaksa Agung HM Prasetyo, sejumlah pemimpin lembaga tingi negara juga ikut menyampaikan kuliah umum. Diantaranya, Kepala BPKP Ardan Aiperdana, Kapolri Badrodin Haiti, Ketua BPK Harry Azhar Azis, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M Yusuf dan Ketua Sementara KPK Taufiequrachman Ruki. (radarpku/beritariau)