Pendemo Minta Stop Campur Tangan Luar Terhadap Masalah Rohul

Kamis, 28 Mei 2015

Puluhan Laskar Hulu Balang dan Generasi Muda Napituhuta Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar aksi damai di Kantor Bupati Rohul, Kamis (28/5/15) sekira pukul 10.00 WIB. Massa meminta agar Negeri Seribu Suluk tidak diganggu oleh pihak luar.

PASIRPANGARAIAN- Puluhan Laskar Hulu Balang dan Generasi Muda Napituhuta Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar aksi damai di Kantor Bupati Rohul, Kamis (28/5/15) sekira pukul 10.00 WIB. Massa meminta agar Negeri Seribu Suluk tidak diganggu oleh pihak luar.

Namun, puluhan massa ini tidak masuk ke Kantor Bupati Rohul. Mereka tertahan di gerbang masuk yang dijaga ketat oleh puluhan personel Polres Rohul dan personel Satpol PP Rohul.

Orator aksi Buaminto menyampaikan beberapa pernyataan sikap dari Laskar Hulu Balang Rohul, di antaranya Kabupaten Rohul merupakan Negeri beradat, dari itu mereka tidak ingin ada intervensi dari pihak luar. Apalagi, warga Rohul sendiri tidak pernah mengganggu negeri orang.

Massa juga menolak pungli mengatasnamakan lembaga, menolak keras intervensi dari pihak luar.

"Sebagai daerah otonom, kami ingin daerah kami ini mandiri dan tidak ingin ada ikut campur dari pihak luar," tegas Buaminto dalam orasinya.

Buaminto mengakui ada menangkap isu dan indikasi Pungli dilakukan oknum lembaga dari luar daerah yang mengatasnamakan lembaga. Menurut dia, semua lembaga dalam dan luar daerah baik, namun ada oknum yang tidak baik.

"Oknum-oknum ini yang akan meretakkan kebersamaan kita. Kita sebagai masyarakat Napituhuta dan Laskar Hulu Balang akan menjaga negeri ini (Rohul). Ini juga telah menjadi tugas seluruh masyarakat Rohul," tegas Buaminto.

Sementara, menanggapi aksi damai, selaku salah seorang Pucuk Pimpinan Luhak Rambah, Syamsul Bahri bergelar Sutan Mahmud menyambut baik aksi damai dilakukan Laskar Hulu Balang Rohul dan Generasi Muda Napituhuta.

Namun, dirinya meminta agar aspirasi yang disampaikan kepada pihak pemerintah, tujuannya adalah baik, yakni membangun dan membangun daerah.

"Kita harus bahu membahu agar negeri ini kita ini aman. Jadi sampaikan aspirasi dengan jalan baik," saran dia.

Dalam menerima aksi damai, Staf Ahli Bupati Rohul, Mirzal Hamzah, mewakili Bupati Achmad menyambut baik aksi damai tersebut. Karena, massa peduli dalam menjaga Rohul dari intevensi pihak luar, dan ikut menjaga stabilitas negeri.

Usai berorasi di pintu gerbang Kantor Bupati Rohul, puluhan massa bergerak di Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Rohul sekira pukul 11.00 WIB. Di dinas ini, mereka juga menyampaikan tuntutan serupa di kantor tersebut.(rtc/radarpku)