Kota Pekanbaru Masyarakatkan Alquran Melalui MTQ

Rabu, 08 April 2015

Ketua I panitia MTQ, Sentot Djoko Prayitno menyerahkan piala bergilir ke Walikota Pekanbaru, Firdaus MT

RADARPEKANBARU.COm - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Pekanbaru ke-48 tahun 2015, resmi dibuka Walikota Pekanbaru H Firdaus MT, bertempat di Lapangan Bukit, Kecamatan Senapelan, Selasa (7/4) malam.

Dalam sambutannya, Firdaus menyatakan jika pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar kegiatan seremonial saja. Akan tetapi, melalui pelaksanaan MTQ diharapkan mampu menguatkan pembangunan akhlak bangsa dan bisa menjadi wahana untuk mencetak generasi  yang Qurani .

"Yakni generasi yang mencintai isi dan kandungan Alquran dan mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Ini sesuai dengan visi Kota Pekanbaru menuju masyarakat yang Madani," ungkapnya.

Melalui pelaksanaan MTQ, terangnya, juga bisa dijadikan cerminan sekaligus seruan kepada semua manusia bahwa sesungguhnya Islam itu merupakan agama yang cinta damai dan keadilan. Islam juga menolak kebencian dan fitnah.  Islam lebih menonjolkan persatuan dan kebersamaan.

"Maka dengan demikian, pelaksanaan MTQ juga bisa membangun persatuan dan membangun kokoh toleransi dan kebersamaan sesama umat manusia," jelasnya.

Di samping itu, sambungnya, pelaksanaan MTQ juga bertujuan untuk memasyarakat Alquran. Dengan kegiatan MTQ, diharapkan bisa memotivasi masyarakat, khususnya generasi muda untuk mencintai, membaca, memahami, dan menerapkan isi kandungan Alquran di kehidupan sehari.(ram)