Aspirasi masyarakat Terfokus pada pembangunan infrastruktur.

Ahad, 08 Maret 2015

Ahmad Fikri

BANGKINANGKOTA,RADARPEKANBARU.COM-Sidang pertama tahun 2015, DPRD Kampar menggelar sidang paripurna. Sidang digelar dengan agenda penyampaian hasil reses dari para anggota dewan dari enam daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Kampar.

Pada Sidang paripurna digelar Selasa (20/1/15) itu dipimpin oleh Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri didampingi Wakil Ketua Muhammad Faisal MT, Ramadhan dan Sunardi . Tampak hadir Asisten III H Nurahmi beserta sejumlah kepala dinas serta 25 anggota DPRD Kampar.

Dalam laporan reses dari dapil VI yang dibacakan oleh Bernard Sinaga menyampaikan bahwa lembaga pemerintah baik eksekutif maupun legislatif harus sadar. Untuk melayani seluruh aspirasi masyarakat. Reses adalah mengunjungi daerah pemilihan dan penyerapan aspirasi masyarakat serta memantau perkembangan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Kampar.

"Kami telah melihat serta bertatap langsung dengan masyarakat Tapunghulu dan Tapunghilir, kami menghimpun berbagai aspirasi di dua kecamatan itu. Usulan program, pembangunan pengaspalan jalan untuk Tapunghilir, perbaikan jembatan, perbaikan gedung, penambahan sampan, penambahan gedung sekolah, pembangunan posyandu,"ungkapnya.

Sementara itu dari laporan reses di dapil V disampaikan oleh Sri Rahayu Setyaningsih, yang mana reses telah dilaksanakan pada 23 sampai 26 Desember 2014 yang lalu. Sri Rahayu menyampaikan tentang pentingnya penyelesaian masalah sengketa lahan perkebunan, pengurusan tapal batas antara Kijang Rejo dan Desa Sei Kijang.

"Masyarakat juga menyampaikan aspirasi untuk pembuatan turap 50KM, pemerataan pembangunan yang transparan dan adil, pengadaan mobil ambulance dan peralatan kesehatan, dan moubiler pendidikan,"ujarnya.

Laporan dari Dapil IV disampaikan oleh Triska Felly. Berhubung banyak Kepala SKPD yang berhalangan hadir, maka Triska Felly hanya menyampaikan kesimpulan saja. "Karena banyaknya Kepala SKPD yang tidak hadir, maka kami membacakan kesimpulannya saja, seluruhnya bersifat fisik, dan kepala SKPD untuk membacanya sendiri,"ucapnya.

Kemudian, laporan dari Dapil III disampaikan oleh Habiburrahman. Dari hasil reses di Kamparkiri, Kamparkiri Hulu, Kamparkiri Tengah dan Gunung Sahilan, diperoleh aspirasi untuk prioritas pembenahan kantor Kades Kuntu dan Kuntudarussalam.

Kemudian pemilihan kades perlu segera dilaksanakan, pengadaan benih ikan, dan pembangunan gedung pertemuan . "Perlu juga kami sampaikan tentang pembangunan Pustu serta perlunya peningkatan kedisiplinan dokter dan paramedis Puskesmas 24 jam agar mereka jangan hadir di awal bulan saja,"ucapnya.

Untuk dapil II, disampaikan oleh Anggota DPRD Kampar Iib Nursaleh. Setelah bersama rekan-rekan satu dapilnya melakukan reses di Siakhulu dan Perhentian Raja,

Iib menyampaikan agar Pemkab dapat merealisasikan pengadaan sapi, pengadaan tiang listrik di Pangkalan Baru dan Desa Tanah Merah, serta pengaspalan jalan. Masyarakat juga berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala desa di beberapa desa di Siakhulu dapat dilaksanakan. "Usulan masyarakat ini akan disampaikan kepada Pimpinan SKPD terkait,"ucapnya.

Dari dapil I, laporan disampaikan oleh H Syahrul Aidi setelah melakukan reses di Kampar, Kampar Timur, Kampar Utara, Rumbio Jaya dan Tambang, Syahrul melaporkan bahwa pembangunan fisik yang dibutuhkan masyarakat di seluruh desa di lima kecamatan tersebut yaitu pembangunan fisik diantaranya perbaikan infrastruktur jalan dan turap, pertanian dan perkebunan.

"Seluruh aspirasi ini diteruskan kepada skpd terkait dan ditindaklanjuti, pembangunan. Untuk hal yang mendesak agar dianggarkan pada apbd perubahan ke depannya,"sebutnya.

Ketua DPRD Ahmad Fikri ketika akan menutup sidang paripurna menyampaikan bahwa seluruh laporan yang dibacakan agar segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Kampar agar menyentuh langsung kepada kebutuhan masyarakat.(adv/dprd/kampar)