Ponpes Syekh Burhanuddin Kuntu, Kampar Kiri Mengadakan MTQ ke VI

Jumat, 20 Februari 2015

Panitia Pelaksana Habib Habil dan Muhammad Ilham

KUNTU,RADARPEKANBARU.COM-Ponpes Syekh Burhanuddin Kuntu, Kampar Kiri, Kampar, Riau  akan mengadakan MTQ ke VI antar kafilah,Setidaknya program ini telah berjalan selama 6 tahun,yang bertujuan menciptakan generasi muda yang cinta islam,dan juga melalui MTQ ini akan menampilkan santri-santri yang  berbakat dan menonjolkan kemampuan-kemampuan yang handal di bidang nya,terutama dalam tilawatil Quran.

Demikian disampaikan Maulana azzam salah satu panitia MTQ ke VI antar kafilah Ponpes Syekh Burhanuddin Kuntu, Kampar Kiri melaui pesan Blackbarry nya kepada radarpekanbaru.com,jum'at (20/2).


Maulana azzam mengatakan,demi  untuk membumikan Al Quran sebagai pedoman Hidup manusia didunia yang pana ini menuju akhirat yang abadi,dimana acara ini akan berlansung satu minggu kedepan yang di buka pada tanggal 20-27 februari 2015,pukul 20:00 wib di pekarangan pondok pasantren.

"Acara ini di taja oleh anak kelas 7 pondok,yang di bimbing oleh dewan pimpinan dan para majlis guru,dalam hal ini kami seluruh panitia pelaksana mengundang kepada seluruh masyarakat Riau dan indonesia Umumnya untuk bisa sama-sama  menyaksikan acara kami. Penggelaran MTQ Ini memperlihatkan kepada masyarakat Riau dan indonesia,bahkan ke mata dunia Cikal bakal bakat tilawatil Quran dari para santri Ponpes Syekh Burhanuddin Kuntu", Katanya.



Profil Singkat Ponpes Syekh Burhanuddin Kuntu, Kampar Kiri, Kampar, Riau
(sumber google.com)


Ulama Kampar KH Angku Mudo Djamarin (almarhum) pada 1 Februari 1973 mendirikan pondok pesantren yang diberi nama Ponpes Salafiyah Syekh Burhanuddin Kuntu.
Nama tersebut diambil untuk mengenang jasa ulama besar asal Mekah yang menyebarkan agama Islam selama 20 tahun di Sumbar dan Riau hingga wafat dan dikebumikan di Kuntu, Kampar Kiri pada 1191 Masehi.


Foto : Makam  Syekh Burhanuddin Kuntu.

Ponpes yang berada di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau memiliki lahan  empat hektar. Sedangkan yang sudah diisi bangunan baru dua hektar. Bangunan tersebut di antaraya berupa masjid, mushala, gedung lokal belajar, kantor, asrama santri putra, asrama santri putri dan juga tempat tinggal para guru ponpes.

Pondok Pesantren Salafiyah Syekh Burhanuddin Kuntu Menyelenggarakan Pendidikan Wustha Dan Ulya Dengan Nomor piagam : 02/PP.00.7/WAJARDIKDAS/2005. NSS. 212 14 06 10  003 Alamat : Pesantren No. 11 Kuntu Darussalam Kec. Kampar kiri Kampar-Riau. Kode pos. 28371 Hp. 081371079946 - 08127510091

Jumlah santri pada awal berdiri 30 orang dan saat ini berjumlah sekitar 700 orang termasuk tingkat Wustho (setara MTs) dan tingkat Ulya (setara MA). Setiap santri yang menimba ilmu tidak dipungut biaya. Ponpes ini memadukan pendidikan agama, pendidikan umum dan keterampilan.Selain mendapatkan perpaduan kurikulum tersebut, santri pun dididik agar memiliki ketrampilan berdakwah yang mumpuni dan belajar kitab kuning. Untuk mendukung tujuan tersebut maka Ponpes membuka tiga program yang menjadi ciri khas Ponpes ini.

Pertama, Takhassus (Program khusus). Untuk mempertajam kemampuan kurikulum ilmu alat Bahasa Arab (Nahwu,Sharaf, Ushul, Fiqhi, Mantiq dan Balaghah), kepada siswa diberikan pelajaran tambahan dengan sistem halaqah yang dibina oleh guru-guru tua. Tradisi ini tetap dipertahankan sebagai identitas Pondok Pesantren Sykeh Burhanuddin Kuntu.

Kedua, program bahasa Arab dan bahasa Inggris aktif. Dengan improvisasi kurikulum dan pola pengajaran intensif dan Ta'limul Lugah Arabiah, maka 1 tahun siswa diharapkan mampu berbahasa Arab dan Inggris aktif. Dan melalui diklat dan kursus, dalam bidang ini, Ponpes telah mengakader guru melalui kursus.
Ketiga, program Hifzul Ayat. Bagi santri diharuskan menghafal 2 Juz setiap tahun.

Sedangkan ketrampilan yang diajarkan agar setamat Ponpes bisa mandiri adalah agrobisnis, perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan, kursus komputer dan menjahit.
Santri Ponpes pernah juara umum Musabaqoh Qiraatul Kutub tahun 1999 tingkat Kabupaten, Juara I tilawah. Dan hampir mayoritas khatib Jumat di Kampar Kiri adalah santri alumni Syekh Burhanuddin Kuntu.

Hingga sekarang Ponpes telah meluluskan sekitar 1.665 alumni yang tersebar di berbagai daerah di Propinsi Riau dan Sumatera Barat. Mereka berkiprah di berbagai bidang dan tidak sedikit pula yang membuka pesantren.

Ada juga yang melanjutkan menimba ilmu ke Al Azhar Kairo, ada yang ke Jawa seperti Yogyakarta dan Jakarta. Ada yang masuk kelas Internasional UIN Suska Riau, dan melanjutkan di Unviersitas Riau dan Universitas Islam Riau.(radarpku)