Selamat Hari Jadi ke-65 Kabupaten Kampar

Senin, 09 Februari 2015

Logo Kampar

BANGKINANG,RADARPEKANBARU.COM-Tahun ini Kabupaten Kampar genap berusia 65 tahun. Hampir satu juta penduduk kabupaten tertua di Provinsi Riau ini menggantungkan harapan agar tingkat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.



Foto : Bupati H.Jefry Noer Pada pelaksanaan upacara Peringatan hari Jadi Kampar ke 65

Harapan itu disampaikan Bupati Kampar H Jefry Nor pada pidatonya dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Kampar dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Kampar ke-65 Jum'at (6/2/15).

Selaku Bupati Kampar, dirinya bertekad untuk membawa Kabupaten Kampar sebagai kabupaten termaju di Provinsi Riau. Namun harapan itu bukan tanpa syarat, sebab jika masyarakatnya masih dibelenggu leh sifat malas maka harapan tersebut hanyalah sekedar harapan.

"Pada tahun 2016 akhir kita berharap Kabupaten Kampar akan menjadi kabupaten termaju di Provinsi Riau. Masyarakatnya akan terbebas dari kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh kecuali tulang rusuknya panjang (pemalas red),"ujarnya.

Dihadapan Plt Gubernur Riau H Arsyajulandi Rachman, Kapolda Riau, Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri, Wakil Ketua DPRD Kampar Sunardi, M Faisal dan Ramadhan, mantan bupati/wakil Bupati Kampar, Sekda Kampar Zufan Hamid, Dandim 0313 KPR Letkol Asep Dedi Darmadi, Kapolres Kampar AKBP Ery Apriyono, tokoh masyarakat Kampar Herman Abdullah, puluhan ninik mamak, tokoh masyarakat, pejabat dari BUMN, BUMD, pengusaha, tokoh masyarakat lainnya yang hadir pada acara itu Jefry mengungkapkan bahwa saat ini Pemkab Kampar telah mencanangkan desa mandiri pangan dan energi. Pada ulang tahun ke-65 ini Kampar telah mendapatkan satu kado yaitu kejelasan mengenai ketersediaan pasokan gas. Selanjutnya hanya tinggal melakukan kerjasama untuk menghasilkan energi listrik yang diperkirakan berkapasitas 15 megawatt.



Foto : Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman saat tiba di sambut Satker Pemkab Kampar di gedung DPRD Kampar pada paripurna Hut Kampar ke-65. jumat 6-2.

"Kado satu lagi sebenarnya masih ada yaitu lima desa, namun belum rezki mungkin," terang Jefry mengenai status lima desa di Kecamatan Tapung Hul yang masih bersengketa dengan Kabupaten Rokan Hulu. Kepada Plt Gubri Jefry juga menyampaikan harapan agar terus memperhatikan Kabupaten Kampar.

Diantaranya adalah melanjutkan pembangunan jalan jalur dua Bangkinang-Pekanbaru karena saat ini masih banyak jalan bolong-bolong sehingga rawan menimbulkan kecelakaan. Pembebasan lahan untuk kelanjutan pelebaran jalan itu telah diselesaikan oleh Pemkab Kampar. "Walaupun saya kemarin pada putaran kedua (Pilgubri red) tak mendukung Pak Gubernur,"terang Jefry sambil bercanda. Dikatakan Jefry, untuk tahun ini Pemkab Kampar telah berhasil mendapatkan dana dari APBD Riau mencapai Rp 500 miliar.



Foto : Bupati Kampar H Jefry Noer SH bersama Forkopimda Kab.Kampar serta Ketua TP-PKK Kab Kampar Hj Eva Yuliana SE saat tiba di halaman Kantor DPRD Kampar pada paripurna HUt Kampar ke-65. jumat 6-2.


Menurut Jefry jumlah ini adalah jumlah terbesar yang didapatkan Pemkab Kampar dari APBD Provinsi Riau selama ini. Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri menyampaikan dukungannya kepada Pemkab Kampar dalam pelaksanaan program pembangunan yang dikenal dengan program lima pilar pembangunan Kabupaten Kampar yang dikerucutkan menjadi tiga zero.Namun Fikri berharap program ini dirasakan secara luas oleh masyarakat Kabupaten Kampar. Plt Gubernur Riau Arsyajuliandi Rahman mengatakan bahwa, Kabupaten Kampar dari dulu dikenal sebagai barometer politik di Riau, disamping barometer pendidikan, agama dan budaya. Kampar juga dikenal memiliki sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul dari kabupaten kota lainnya. "Meski sudah dibagi tiga, Kampar harus mempertahankan itu," harapnya. Berkaitan dengan sumber daya manusia ini, Pemprov Riau juga punya komitmen bagaimana sumber daya manusia di Riau bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.



Foto : Ketua TP PKK serahkan penghargaan Pada pemenang lomba antar SKPD usai upacara Peringatan hari Jadi Kampar ke 65.


"Apalagi Kampar terkenal SDM nya dulu. Apa kita mau jadi penonton untuk kedepan," ulas Andi. Selaku Plt Gubri ia juga mengaku bangga dengan apa yang disampaikan Jefry Noer dalam pidato sebelumnya bahwa Kampar akan membangun sekolah unggul terpadu dan memberikan beasiswa. "Pemprov akan dorong terus perkembangannya,"tuturnya.


Bupati Ajak Semua Kalangan Terutama Para Orang Tua Berantas Narkoba

Pemerintah Kabupaten Kampar gelar acara tabligh akbar, sempena merayakan hari jadi ke 65 di lapangan Merdeka Kecamatan Bangkinang Kota, jumat malam (6/2/15) ba'da Ssya dengan mendatangkan dai kondang dari ibukota, ustadz Syauqi Zainuddin.MZ, anak dari almarhum ustadz Zainuddin,MZ, diiringi musik religi dari ibukota, Zul atau lebih dikenal dengan nama panggungnya Zivilia dan MC-nya Bedu juga dari ibukota.

Dalam sambutannya Bupati H.Jefry Noer mengingatkan kepada semua kalangan terutama kepada para orang tua, agar Narkoba bisa di hilangkan di Kampar, mari bersama mulai dari pimpinan SKPD, Camat dan Kades untuk dapat bersama memerangi narkoba.

Merupakan tanggungjawab bersama memberantas peredaran narkoba, yang kini sedang gencar di berantas mulai dari tingkat pusat sampai ke pelosok desa, yang pemakainya sudah sampai kepada kalangan pelajar bahkan di desa-desa tak terkecuali orang tua, untuk itu Jefry mengharapkan semua kalangan peduli dan membantu Pemda, pihak Kepolisian dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK), untuk segera melaporkan kalau ada pemakai.

"Jangan takut melaporkan kepada pihak terkait, kalau ada keluarga atau warga masyarakat yang pemakai narkoba, mungkin takut keluarganya akan di hukum kalau dilaporkan kepada pihak berwajib atau BNK, ujar Bupati tetapi mereka akan di obati hingga terlepas dari kecanduan narkoba bukan untuk di penjarakan atau di hukum," tegas Jefry.



Untuk itu jaga dan harus tahu pergaulan anak dan keluarga, sebagai orang tua harus kontrol pergaulan anak, itu lebih efektif dari pada mengobati kalau sampai terlanjur anak kecanduan narkoba maka akan susah semua pihak terlebih keluarganya.

Mengakhiri sambutan, Kepada Ustadz Syauqi yang memberikan tausiahnya, Jefry mohon di doakan agar Kampar terlepas dari peredaran narkoba dan dapat menjadikan Kampar yang maju dan zero kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh melalui lima pilar pembangunan sebagai landasan pelaksanaan dan acuan program pembangunan Kampar.(Adv/hms/kpr)