Warga Buluh Cina Keluhkan Jalan Rusak Paska Banjir, Minta Pemda Kampar Segera Turunkan Alat untuk Perbaikan

Jumat, 19 Januari 2024

RADARPEKANBARU.COM-Kondisi badan jalan di Desa Buluh Cina, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar sangat memprihatinkan. Paska dihantam banjir sejak 19 Desember 2023 lalu, menyebabkan sejumlah ruas jalan Desa Buluh Cina Rusak Parah.

Kurang lebih satu bulan dilanda banjir, kerusakan jalan di Desa Wisata kebanggaan Siak Hulu ini menjadi semakin parah bahkan aspal yang terkoyak dan bergeser membuat badan jalan bergelombang.

"Seperti yang dilihat bang, rusak parah. Jalan kami sudah rusak, dihantam banjir semakin rusak. Ini kemarin inisiatif Pemdes Buluh Cina dan Masyarakat menimbun dan membuat jalur khusus agar mudah dilalui sepeda motor" sebut Kepala Desa Buluh Cina Azrianto, S.Tp kepada wartawan Kamis (18/1).

Kades Buluh Cina yang akrab disapa Anto berharap perbaikan total badan jalan di Desa Buluh Cina segera dilaksanakan dan menjadi prioritas Pemda Kampar melalui Dinas PUPR Kampar. 
"Sudah banyak warga kami mengeluh, Desa Buluh Cina ini Desa Wisata dan sering kali mendapat apresiasi ditingkat Provinsi bahkan Nasional. Tapi jalan di Desa kami hancur, ditambah terjangan banjir semakin hancur jadinya" kata Anto.

Selain itu, Anto juga berharap adanya penambahan Box Culvert dan pemberdayaan drainase yang maksimal. "Agar ke depan, saat terjadi musibah banjir aliran air dapat terfilter dan tidak langsung menerjang badan jalan. Kalaupun terjadi banjir lagi, kondisi jalan aspal di Desa tidak akan sehancur ini. Tapi, mudah mudahan banjir parah begini tidak terjadi lagi. Itu harapan kita semua" ujarnya.

Terpisah, warga Desa Buluh Cina Sadam mengatakan kondisi jalan paska banjir di Desa Buluh Cina ini cukup membahayakan masyarakat, terlebih pengguna sepeda dan motor. Menurutnya, Tidak sedikit pengendara terjatuh saat melintas akibat kondisi badan jalan yang rusak dan tidak rata, terlebih saat melintas di malam hari. "Setelah banjir ini kerusakan semakin parah, ada juga yang jatuh, kalau hujan kan jalan tidak terlihat, apalagi malam bang" akunya.

Warga Desa Buluh Cina berharap perbaikan jalan paska banjir ini dilakukan dengan segera.

"Tolong Pak Bupati, Pak Kadis, segera turunkan alat untuk perbaikan jalan disini. Jalur ini menjadi perlintasan utama dan satu-satunya untuk keluar masuk Desa Buluh Cina, sangat padat dilalui pengendara" tutup Sadam. (HR)