Mirip 2019, Kejutan Cawapres Bisa Terjadi Jelang Pendaftaran

Sabtu, 27 Mei 2023

RADARPEKANBARU.COM - Meski pendaftaran calon presiden dan wakil presiden baru dimulai Oktober mendatang, tetapi saat ini sudah muncul sosok-sosok yang hampir dipastikan berlaga pada Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, memprediksi, bakal muncul sosok Cawapres dari kalangan yang tidak pernah muncul dari pantauan survei.

"Saya kira akan banyak kejutan. Nama-nama baru akan muncul sebagai sosok yang dianggap memberikan dampak signifikan pada elektabilitas calon tertentu," kata Adi, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (26/5).

Situasi itu mirip seperti 2019 lalu, di mana Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019, mendadak menggandeng KH Maruf Amin sebagai wakilnya.

Problemnya, nama Cawapres alternatif itu hingga kini belum terdeteksi, Karena masih dimonopoli figur besar yang memang sudah jadi langganan dan selalu menjadi konsumsi publik.

"Tapi mungkin jelang pendaftaran ke KPU akan muncul nama populer. Akan muncul di pentas politik secara tiba-tiba, Cawapres debutan yang tidak pernah diperhitungkan," tandas Adi Prayitno.(RML)