Massa Berbaju Hitam Lakukan Perusakan Usai Kampanye di Yogya

Rabu, 25 Juni 2014

Ilustrasi Kampanye

RADARPEKANBARU.COM - Bentrok antara massa pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla di Yogyakarta Selasa kemarin tak hanya berlangsung di Sewon Bantul dan Ngabean Kota Yogyakarta. Aksi tersebut juga terjadi di Jalan Hos Cokroaminoto, tepatnya di depan Hotel Zodiak.

Puluhan orang yang mengenakan pakaian serba hitam dengan membawa pentungan dan senjata tajam, sembari berjalan ke arah selatan melempari mobil dengan batu dan merusak mobil yang terparkir. Kejadian tersebut menurut saksi mata terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

"Melihat itu saya langsung masuk hotel," kata Yuni, salah satu tamu Hotel Zodiak, Selasa petang 24 Juni 2014.

Selain keributan tersebut, ia juga mendengar ada suara letusan senjata api. "Ada suara tembakan, tapi saya tidak tahu siapa. Saya sudah keburu lari," ungkap Yuni.

Tiga mobil yang terparkir di halaman hotel mengalami rusak di bagian kaca depan akibat aksi anarki tersebut. Bagian belakang samping kanan pecah diduga akibat bekas pukulan benda tumpul dan senjata tajam. Satu mobil jenis X-Trail, terdapat lima lubang yang diduga bekas tembakan.?

Sementara itu tak jauh dari peristiwa di Jalan Hos Cokroaminoto, puluhan orang dengan mengenakan baju hitam juga menyerang satu rumah milik warga di Tegalrejo Kota Yogyakarta. Massa merusak estalase di depan rumah yang digunakan untuk berjualan. Selain itu, massa juga merusak satu unit motor dan satu mobil yang terparkir di samping rumah.

Seorang warga Tegalrejo yang melihat kejadian menjelaskan, secara tiba-tiba ada puluhan orang berbaju hitam berjalan kaki dari arah barat, setelah itu mereka langsung merusak rumah dan motor yang ada di halaman samping.

"Tiba-tiba langsung merusak, ada sekitar 50-an orang bajunya hitam. Selesai merusak para pelaku langsung kabur ke arah timur," katanya.

Usai kejadian, beberapa anggota polisi tampak berjaga-jaga dilokasi kejadian, baik di Jalan Hos Cokroaminoto, Ngabean Ngampilan dan Tegalrejo.(viv)