Tidak Ada APBD-P, Pelaksanaan MTQ Minta Bantu Swasta

Dibaca: 5670 kali  Rabu,31 Oktober 2018
Tidak Ada  APBD-P, Pelaksanaan MTQ Minta Bantu Swasta
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Untuk menghemat anggaran, pelaksanaan MTQ Provinsi Riau XXXVII tahun 2018 bakal dikemas sesederhana mungkin. Bahkan acara seremonial kegiatan tahunan ini akan dirampingkan. Demikian disampaikan Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Riau, Asyari Nur, Rabu (31/10/2018).

 

Asyari mengakui pelaksanaan MTQ tahun 2018 ini mengalami masalah terkait perencanaan anggaran. "Biasanya kan anggaran untuk MTQ ini dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P), namun kenyataan APBD-P ditiadakan. Sehingga anggaran untuk itu nol," katanya.

 

Meski begitu, sebut dia, masih ada peluang-peluang lain agar MTQ provinsi tahun tetap dilaksanakan. Namun semua sudah mendapat persetujuan dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

 

"Makanya kepala daerah (Plt Gubernur Riau) mengambil mata anggaran yang memang ada di bidang keagamaan, sehingga tak menyalahi aturan," paparnya. Menurut Asyari, sebenarnya untuk pelaksanaan MTQ ini pihaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp16 miliar, namun karena semua dikurangi akhirnya menjadi Rp6 miliar.

 

"Itu pun sudah paling tinggi. Makanya kita kurangi seremonial, astaka utama disimple-kan, tempat pertandingan juga banyak memakai masjid dan aula yang sudah tersedia, sehingga acara bisa dimaksimalkan dengan anggaran segitu," paparnya.

 

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Wan Thamrin Hasyim mengaku dengan keterbatasan anggaran pihaknya akan meminta bantuan kepada swasta dan perusahaan.

 

"Mungkin (minta bantuan), tapi sifatnya tidak mengikat. Ntah itu nanti bentuknya seperti stand dan sebagai, yang jelas bisa untuk mensukseskan MTQ tahun ini," katanya.

 

Lebih lanjut Wan Thamrin mengatakan, walaupun MTQ tahun ini mengalami keterbatasan anggaran, namun tak kalah mewah dengan MTQ tahun-tahun sebelumnya.

 

"Kita akan tunjukan, walau kurang tapi bukan berarti MTQ sederhana. Saya sudah minta kepada pak Sekda dan Ketua LPTQ buat MTQ ini semaksimal mungkin, dan tunjukan kalau kita bisa," ujarnya.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »