20 Sekolah Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Terima Penghargaan Adiwiyata Rohil 2018

Dibaca: 4514 kali  Selasa,14 Agustus 2018
20 Sekolah Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Terima Penghargaan Adiwiyata Rohil 2018
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.20 sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Rokan Hilir mendapat Anugerah Adiwiyata 2018 tingkat Kabupaten Rokan Hilir yang diserahkan langsung oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno dibatu enam, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Senin (13/8/2018).

Bupati yang akrab disapa bang Uyat itu menyebut pemberian anugerah adalah sebuah bentuk dukungan semangat dari Pemkab Rohil agar sekolah bisa menjaga lingkungannya. Sebagai pemimpin, Uyat mengaku, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan suatu prestasi yang bukan hanya untuk ruang lingkup Rohil tapi juga sudah menjadi sorotan daripada pihak provinsi maupun nasional. Baginya soal kebersihan tidak semata-mata berujung pada sebuah penghargaan seperti Piala Adipura.

Namun baginya kebersihan adalah sesuatu pola hidup yang merubah pola pikir masyarakat.Untuk itu, 20 sekolah yang sudah berupaya mengubah pola pikir diberikan penghargaan sebagai penyemangat atas usaha karena telah memenuhi standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA) yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. ''Semua sekolah ukurannya evaluasi diri. Tapi utamanya adalah kebersihan, keindahan, sanitasi, kenyamanan guru mengajar dan anak saat belajar. Bukan soal piala yang dikejar tapi prilaku," katanya.

Dia juga mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada kepala sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga sekolah menengah Atas (SMA) sederajat yang telah memberikan tunjuk ajar yang baik bagaimana kita berkehidupan lingkungan yang bagus dan asri, dan itu sudah dibuktikan di lapangan.

Dalam acara itu, penghargaan juga diberikan kepada tokoh pembina adiwiyata Rohil dan perusahaan yang telah peduli terhadap lingkungan, khususnya sekolah adiwiyata dan program kampung iklim. Penghargaan yang diberikan berupa sertifikat, trofi dan hadiah.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil Suwandi mengatakan, khusus program adiwiyata yang telah dimulai sejak 2014 sampai 2018, dimana Rohil telah memiliki 63 sekolah adiwiyata disemua tingkatan. Mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajat yang terdiri dari delapan sekolah adiwiyata nasional, 26 sekolah adiwiyata provinsi dan 29 sekolah adiwiyata kabupaten. Pada tahun ini, kata dia, pihaknya juga telah menerima dan menilai sebanyak 20 sekolah adiwiyata kabupaten.

Sedangkan untuk provinsi juga telah mengusulkan lima sekolah adiwiyata dan telah selesai dinilai oleh tim provinsi beberapa bulan yang lalu. ''Insya Allah pada Agustus ini kita akan mengusulkan sekolah adiwiyata tingkat nasional. Kita mempunyai 26 sekolah yang bisa kita usulkan menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional," ujar Suwandi.

20 sekolah yang menerima penghargaan adiwiyata tingkat kabupaten Rohil itu yakni MAN 1 Rohil, SMPN 3 Bangko, SMPN 4 Bangko, SDN 006 Raja Bejamu, SDN 007 Serusa Mati, SDN 12 Tanjung Medan, SDN 006 Bagan Barat, SMAN 3 Bangko Pusako, SDN 001 Bagan Kota. Kemudian, MTs Darul Taqwa Sekeladi, SDN 017 Bagan Punak Meranti, SDN 028 Serusa, SDN 003 Bagan Hulu, SMKN 1 Bangko, MTs Nurul Fikri Bangko Pusako, SDN 014 Pematang Sikek, SDN 011 Parit Aman, SDN 005 Teluk Nayang, SMPN 5 Rimba Melintang, dan SDN 028 Suak Temenggung Pekaitan. (grc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »