Wawako Resmikan Pengolahan Tinja Jadi Biogas

Dibaca: 22289 kali  Selasa,22 April 2014
Wawako Resmikan Pengolahan Tinja Jadi Biogas
Ket Foto : Ayat Cahyadi
RADARPEKANBARU.COM - Wakil Wali Kota, Ayat Cahyadi, Pekanbaru, Senin (21/4) melaunching proyek pembangunan biogas terpadu dari kotoran manusia dan limbah domestik di Pesantren Dar Rel Hikmah Pekanbaru.

Kata Ayat, Pembangunan tersebut merupakan program dari Energy Environment Partnership (EEP) melalui APBN Irlandia.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan ornamen dan serine, dengan disaksikan Kedutaan Besar Irlandia bidang Energi atau Climete Change Advisor, Indira Nurtanti, Project Maneger Lembaga Keswasdayaan Masyarakat (LKM) Harapan Madani, Hendra Gunawan, Wakil Pimpinan Ponpes Der Rel Hikmah, para tenaga teknis dan santri.

Usai peresmian saat dikonfirmasi Pekanbaru Pos, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Irlandia melalui EEP Indonesia, yang telah membantu Penpos Dar Rel Hikmah sebagai pailot projek pembangunan biogas dari kotoran manusia.

“Di Riau terdapat 14 projek, dan salah satu di Pekanbaru yang pailot projeknya. Saya harap para santri Ponpes Dar Rel ini dapat memamfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga sampah-sampah di lingkungan Ponpes dapat dimaksimalkan pengunaannya untuk gas,” harap Wawako.

Menurut Wawako, selain bisa melatih para santri untuk mencintai lingkungan dan kebersihan. Dia menganjurkan sampah non organik agar bisa di daur ulang, dan organik dibuat biogas.

Wakil Kepala Ponpes Darel Hikmah Pekanbaru, Zuefrin Hulawa mengatakan, adanya pembangunan biogas limbah patut disyukuri. Karena sebelumnya tak bisa dimamfaat sekarang sudah bisa digunakan.

Agar program tersebut tak berhenti, dia berharap agar pihak LKM dan EEP terus membimbing, sehingga kedepan gas yang ada saat bisa bertambah menjadi 100 persen. Adanya biogas menurutnya, ini bisa menjadi pelajaran bagi santri. (ram)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »