KPU Riau akan Gelar Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Riau

Dibaca: 2480 kali  Jumat,06 Juli 2018
KPU Riau akan Gelar Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Riau
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Setelah tuntas dilaksanakannya pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Riau 2018 di masing-masing kabupaten/kota, KPU Riau akan melaksanakan pleno tingkat provinsi pada Ahad (8/7/2018).

 

Berdasarkan rencana, pleno akhir ini diadakan di Hotel Prime Park Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman.

 

Ketua KPU Riau, Nurhamin, mengatakan bahwa proses pleno rekapitulasi tingkat provinsi dilaksanakan setelah pleno tingkat kabupaten/kota selesai dan diserahkan ke KPU Riau. Hari ini merupakan hari terakhir batas pleno kabupaten dilaksanakan.

 

"Tanggal 6 Juli ini berdasarkan PKPU merupakan hari terakhir pleno kabupaten/kota dan seluruhnya sudah diserahkan ke kita. Untuk provinsi batas pelaksanaannya mulai 7 hingga 9 Juli 2018," ujar Nurhamin, Jumat (6/7/2018).

 

Ia menjelaskan, proses pleno di tingkat bawah hingga kabupaten berjalan dengan cukup baik. KPU Riau juga akan mempersiapkan kelengkapan plenonya dan akan melaksanalan pleno pada Ahad lusa.

 

"Kita adakan pleno lusa untuk mempertimbangkan kesiapan agar lebih matang," ujar Nurhamin. Pada pleno tersebut itu juga nantinya akan disampaikan secara resmi hasil perhitungan perolehan suara empat paslon Pilgub Riau.

 

Meski berdasarkan Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) KPU RI sudah menunjulkan kemenangan mutlak paslon nomor 1, namun keputusan resmi tetap melalui rapat pleno.

 

"Situng itu dilakukan untuk mengetahui gambaran hasil Pilgub guna mencegah manipulasi data, hasil final tetap dilakukan manual pada pleno," ujar Anggota KPU Riau, Abdul Hamid.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »