Tiang Layar Tongkang Jatuh ke Darat, Rezeki Tahun Ini Lebih Besar ke Darat

Dibaca: 3259 kali  Selasa,03 Juli 2018
Tiang Layar Tongkang Jatuh ke Darat,  Rezeki Tahun Ini Lebih Besar ke Darat
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Melalui ritual Bakar Tongkang ini, makna terbesar bagi warga Tiong Hoa adalah keinginan melihat peruntungan nasib kemana arah jatuhnya tiang tongkang. Hanya butuh 15 menit setelah prosesi pembakaran selesai, ternyata tahun ini tiang tongkang jatuh kearah darat " Untuk tahun ini, tumbang tiang layarnya mengarah kedarat.

 

Itu artinya, usaha didarat lebih bagus dan lancar," tutur salah seorang tokoh warga Tiong Hoa, Bagansiapiapi, Rendi Gunawan kepada awak media. Pria yang biasa disapa Kho Peng menyebutkan, sebelum proses pembakaran, ada Lo Ya yang diarak arak beramai ramai oleh warga.

 

Apabila Lo Ya sudah masuk kedalam badan pria yang dipanggil "Suhu", maka ia akan mengarahkan bagaimana baiknya ritual itu dilaksanakan. Selain replika tongkang, kertas sembahyang, lilin, perlengkapan dewa dan hio, ada juga gula, beras dan sembilan bahan pokok yang ikut dibakar.

 

Sebelum itu, suhu akan meminta izin dengan dewa langit sekaligus merayakan ulang tahun dewa Ong Ya. Sementara itu, staf ahli bidang multi kultural Kementrian Pariwisata, Esty Reko Astuti mengatakan, iven ritual Bakar Tongkang menyedot hampir 200 ribu masyarakat yang datang.

 

Bahkan, iven ini sudah masuk dalam 100 kalender iven nasional Anugrah Pesona Indonesia (API). " Patut lah kita sama sama perbaiki kedepan. Dinas Pariwisata dan lainnya supaya diangkat aksebilitas bakar tongkang ini," katanya. (grc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »