Bawaslu Rilis Masalah di Sejumlah TPS pada Pilgubri Kemarin

Dibaca: 2181 kali  Kamis,28 Juni 2018
Bawaslu Rilis Masalah di Sejumlah TPS pada Pilgubri Kemarin
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Sehari pasca pemungutan suara Kamis (28/6/18) Bawaslu Riau membeberkan beberapa temuan hasil pengawasan TPS Pilgub se-Riau. Menurut ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, hasil temuan tersebut adalah untuk Kota Pekanbaru, di Kelurahan Umban Sari, KPPS tidak memberikan salinan DPT ke PTPS dengan alasan tidak ada biaya Fotocopy, Kecamatan Payung Sekaki, beberapa pemilih DPTb yang diizinkan KPPS mencoblos sebelum jam 12.00 Wib, Di beberapa TPS, Saksi dan PTPS tidak disediakan meja hanya disediakan kursi oleh KPPS.

 

Di Kota Dumai, Kecamatan Dumai Timur, Kelurahan Bukit Batrem, terdapat 3 orang pemilih yang mencoblos tidak sesuai dengan TPS nya. Dugaan sementara melanggar aturan PKPU No.8 Tahun 2018 Pasal 59 ayat 2e, tentang Pemungutan Suara Ulang, Ditemukan DPT Ganda identik Daftar Pemilih di TPS, terdapat Laporan dari masyarakat, tentang beredarnya foto pemilih saat mencoblos salah satu paslon pilgubri di Group Whatsapp.

 

Di Kabupaten Meranti, terdapat kekurangan surat suara yang kurang dari jumlah DPT nya di Desa Kapau Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, terdapat pemilih yang mencoblos bukan di TPS nya dengan membawa Form AA KWK atau kertas tanda terima coklit di TPS 16, Kelurahan Selat Panjang Tmur. Di Kabupaten Pelalawan tingkat Partisipasi rendah dikarenakan kurangnya surat suara di beberapa TPS di Kecamatan Krumutan Desa Pangkalan Tampoi, dan Desa Balam Merah. Sedangkan di Desa Bukit Lembah Subur, terdapat pemilih merobek C6 karena nama pemilih tidak dipanggil secara lengkap dengan marganya, dan pemilih meninggalkan TPS.

 

Di TPS 12 dan 19 Kecamatan Pangkalan Kuras Kelurahan Sorek 1, Lampiran C1 KWK tidak ada dan sudah diperbanyak untuk saksi dan PTPS namun saksi sudah pulang, hal ini dimasukkan dalam kejadian khusus di TPS. Di Kabupaten Siak, TPS 9 di Kandis tadi malam ambruk kena angin dan hujan lebat tetapi tetap berjalan, sebelum mulai pencoblosan TPS sudah diperbaiki. TPS rawan di Kecamatan Koto Gasib yg banyak pemilih disabilitas berjalan lancar. KPPS mendatangi 13 rumah pemilih untuk membantu penyandang disabilitas dan pemilih yang sakit.

 

Pelanggaran di Desa Penyengat Kecamatan Sungai Apit, adanya anak yg mewakili orang tuanya yangg sakit , dan telah dapag dicegah oleh panwas setempat. Di Kabupaten Kuantan Singingi, Informasi laporan masyarakat ke panwaslu kab. Kuansing dengan no register 03/LP/PG/KAB-KA/04.07/VI/2018 terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan PT. Duta Palma yakni memperkerjakan karyawan di hari libur nasional (27 Juni 2018) dengan catatan seluruh karyawan secara bergiliran menggunakan hak suara di TPS.

 

Di Kabupaten Kampar, terdapatnya kekurangan surat suara di Desa Gajah Bertalut Kecamatan Kampar kKiri Hulu, Kabupaten kampar sebanyak 227 suara dan mengakibatkan pemilih tidak bisa mengunakan hak pilihnya. Kecamatan Kampar, Desa Pulau Tinggi TPS 003, dugaan pelanggaran mencoblos lebih dari 1 kali oleh anggota KPPS, mengatasnamakan isterinya yg sedang sakit. Di Kabupaten Rokan Hilir, Kecamatan Kubu TPS 002 Kepenghuluan Sei Kubu Hulu, hasil temuan pengawas TPS bahwa ada 1 orang masyarakat yang melakukan pencoblosan lebih dari satu kali.

 

Dan saat ini sedang dilakukan proses pemeriksaan terkait dugaan unsur pelanggaran pidana pemilu, Kemudian melakukan Panwaslu melakukan kajian terhadap masalah tersebut yang nantinya akan dilanjutkan ke Sentra Gakumdu. Di Kabupaten Bengkalis, lokasi TPS 4 Desa Semunai Kecmatan Pinggir, KPPS telah melakukan penghitungan surat suara pada pukul 10 pagi, karena menganggap proses telah selesai dan pemilih yang terdaftar di DPT sebanyak 48 pemilih telah melakukan pencoblosan, proses ini telah disetujui oleh Saksi dari Paslon dan PTPS.

 

Ditemukan DPT Ganda Identik dari Daftar Pemilih di TPS Rusidi mengatakan terdapat TPS Susulan sebanyak 5 TPS yaitu, 2 TPS di Kabupaten Kampar, 1 TPS di Rohil, dan 2 TPS di Siak. Pemungutan surat suara lanjutan ada 1 TPS di Kabupaten Rohul. "Saat ini Panwaslu Kabupaten/Kota dan jajarannya sedang melakukan pengumpulan bukti dan saksi guna memenuhi syarat untuk dijadikan temuan dengan terpenuhinya unsur Formil dan unsur Materil," terangnya.*(rtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »