Panjat Pinang Antar Suku di Tambang Kampar

Dibaca: 2979 kali  Senin,25 Juni 2018

RADARPEKANBARUCOM- Pemuda Desa Pulau Permai,melakukan halalbihalal Idulfitri 1439H, sekaligus mengadakan lomba panjat pinang antar suku se- kecamatan Tambang jumat(22/06/2018) yang berlokasi di simpang empat Pulau
Permai.

Lomba panjat pinang tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi ribuan penduduk kecamatan Tambang, serta me­ngundang perhatian setiap peng­guna jalan yang memilih berhenti menyaksikan atraksi memanjat pohon pinang yang dilakoni pemu­da dan toko adat yang ada Kecamatan Tambang.

Menurut  ketua penitia ocu Pendi,saat dia menyampaikan kata sambutan di depan ribuan pengunjung, panjat pinang adala tradisi yang sudah ada dari dulu dan dapat kita pertahankan, kerena dengan panjat pinang ini,seluruh suku yang ada di kecamatan Tambang dapat melibatkan anak komanakanya dalam acara hiburan rakyat.

Kendati begitu, panjat pinang tersebut  menjadi hiburan tersendiri masyarakat,apa lagi setiap suku memilki satu batang pinang. 

lebih baik hiburan seperti ini yang kita lakukan ,”.Dari lebaran pertama dan kedua sampai sekarang,penitia setiap suku sibuk mela­kukan silatu­rahmi dan bertamu ke rumah saudaranya yang jauh maupun dekat.untuk mecari angaran dana panjat pinang,Syukur alhamdulillah,acara ini dapat di laksanakan.

Dengan adanya Panjat pinang ini, pemuda dan toko masyarakat Tambang dapat bersilahturahmi satu dengan yang lainya dan persaudaraan.

“Di kampung ini banyak pemuda yang merantau ke luar provinsi dan saat lebaran inilah, baru sempat berkumpul sehingga kami meng­himpun dana dan melaksanakan lomba panjat pinang dengan tujuan  halalbihalal di hari yang fitri ini seraya menyaksikan atraksi hiburan rakyat antar suku” tuturnya.

Selain itu toko adat dari suku putopang,Datuk gunung,(razak)  menambahkan, degan tradisi panjat pinang ini,  akan mempererat persaudaraan dan silaturahmi anta­ra pemuda di desa, baik yang hidup di perantauan maupun yang menetap di Desa.

Kalau kita lihat“Animo masyarakat menyak­sikan panjat pinang ini cukup ting­gi,kerena dapat bertemu dengan Sahabat-Sahabat se masa lalu.
Semoga dengan kegiatan ini pemerintah dan toko adat yang ada di kecamatan dapat bersilahturahmi dengan anak komanakan,apa lagi di bulan ini adala awal catatan kertas putih, barang tentu kita belum dapat bersilahturahmi dengan yang lainnya dengan acara ini lah Kita saling memaafkan. Ungkap Razak yang juga salah satu kades di Kecamatan Tambang.

 sedangkan wakil Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal,sebagai toko masyarakat dan Putra Tambang yang terbaik, mengajak seluruh masayarakat untuk menjadikan panjat pinang ini,untuk ihfen tahunan di Desa Pulau permai.mari kita Bersatu,pemuda penggeraknya,

bukan hadiah yang hen­dak kita raih, melainkan memu­puk silaturahmi dan persaudaraan pada hari raya ini,” tutupnya .(jufri)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »